Liputan6.com, Jakarta - Dalam Islam, doa merupakan salah satu bentuk ibadah dan sarana untuk berkomunikasi dengan Allah. Melalui doa kita dapat meminta segala hajat dan memohon rahmat, berkah serta ampunan-Nya.
Berdoa dapat dilakukan kapan dan di mana pun, baik dalam suka maupun duka. Sebagai seorang hamba, manusia diwajibkan untuk berusaha dalam menghadapi kehidupan di dunia dan mengiringinya dengan doa.
اُدْعُوْا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَّخُفْيَةً ۗاِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِيْنَۚ
Artinya: "Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas". (QS. Al-A'raf: 55)
Baca Juga
Advertisement
Terkait dengan doa, ada dua makna dalam berdoa kepada Allah sebagai pengingat bahwa sebelum memohon kepada-Nya, sebaiknya kita melakukan introspeksi diri agar menjadi hamba yang layak menerima apa yang diinginkan.
Berikut merupakan teks khutbah jumat tentang dua makna dalam berdoa kepada Allah. Materi khutbah ini ditulis oleh Alwi Jamalulel Ubab, Alumni Khas Kempek dan Mahad Aly Jakarta, dikutip dari laman NU Online.
Khutbah I
اَلْحَمْدُ ِللهِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ، يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَلِعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ لَا أُحْصِيْ ثَنَاءَكَ عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ وَصَفِيُّهُ وَخَلِيْلُهُ، خَيْرُ نَبِيٍّ أَرْسَلَهُ اللهُ إِلَى الْعَالَمِ كُلِّهِ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً وَسَلَامًا مُتَلَازِمَيْنِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ، أَمَّا بَعْدُ، فَيَاأَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ
قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ. أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ: وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ
Jemaah sholat Jumat yang dimuliakan Allah SWT,
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kita berbagai macam kenikmatan sehingga kita dapat memenuhi panggilan-Nya untuk menunaikan shalat Jumat. Nikmat yang harus digunakan dalam rangka memenuhi syariat yang telah ditetapkan-Nya.
Sholawat beserta salam, mari kita haturkan bersama kepada Nabi Muhammad saw, juga kepada para keluarganya, sahabatnya, dan semoga melimpah kepada kita semua selaku umatnya. Aamiiin ya rabbal ‘alamin.
Di hari Jumat yang penuh berkah ini, marilah kita meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan selalu menjalankan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya, dengan selalu berpegang teguh serta mengikuti sunnah-sunnah nabi-Nya.
Jemaah sholat Jumat yang dimuliakan Allah SWT,
Tujuan diciptakannya manusia adalah untuk beribadah kepada Allah. Dalam praktiknya, manusia dapat menjadikan berbagai kegiatan yang dilakukan dalam kehidupan sebagai bagian dari ibadah. Salah satunya adalah ketika ikhtiar dalam suatu kebaikan atau menginginkan sesuatu yang baik, seorang hamba, mesti mengiringinya dengan berdoa kepada Allah.
Allah SWT dengan tegas menjelaskan bahwa Dia dekat dengan hamba-hamba-Nya yang berdoa kepada-Nya. Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 186:
وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ
Artinya: “Apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang Aku, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Maka, hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran”. (QS. Al-Baqarah: 186).
Syekh Nawawi al-Bantani dalam tafsirnya Marah Labid juz II hal 43 menyebutkan, di antara sebab turun ayat ini ialah orang badui yang datang menemui Nabi Muhammad Saw untuk menanyakan bagaimana cara berdoa kepada Allah. Orang badui itu bertanya: “Apakah Tuhan kita dekat sehingga kita berdo’a dengan lirih atau jauh sehingga kita berdoa dengan lantang?”, kemudian turunlah ayat ini yang menjelaskan bahwa Allah begitu dekat dengan hamba-hamba-Nya yang berdoa.
Advertisement
Lanjutan Khutbah Pertama
Jemaah sholat Jumat yang dimuliakan Allah SWT,
Ayat ini menjelaskan dengan tegas kedekatan Allah dengan hamba-hamba-Nya, terutama dalam mengabulkan doa. Bahkan kedekatan Allah digambarkan lebih dekat dari urat nadi hamba-Nya. Namun, maksud dari makna dekat tersebut bukan dekat dilihat dari tempatnya, melainkan dekat dalam mendengar dan mengabulkan doa hamba-hamba-Nya.
Imam Abu Hayyan dalam tafsirnya Al-Bahrul Muhith juz II hal 205 menjelaskan, maksud dekat yang dinisbatkan kepada Allah bukanlah dekat dalam segi tempat, melainkan maksud dekat di sini ialah ungkapan Allah yang mendengar doa hamba-Nya, cepat dalam mengabulkan permintaan hamba yang meminta kepada-Nya. Maka perumpamaan mudahnya Allah dalam mengabulkan doa disamakan dengan orang yang dekat dan meminta kepada-Nya. Karena kedekatan jarak tersebut, Allah mengabulkan doanya.
Imam Bukhari dalam kitabnya Shahih Bukhari, dari riwayat Abi Musa meriwayatkan sebuah kisah terkait hal ini:
عَنْ أَبِيْ مُوْسَى قَالَ: كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ ﷺ فِي غَزَاةٍ، فَجَعَلْنَا لَا نَصْعَدُ شَرَفًا، وَلَا نَعْلُو شَرَفًا، وَلَا نَهْبِطُ فِي وَادٍ إِلَّا رَفَعْنَا أَصْوَاتَنَا بِالتَّكْبِيرِ، قَالَ: فَدَنَا مِنَّا رَسُولُ اللَّهِ ﷺ فَقَالَ : يَا أَيُّهَا النَّاسُ، ارْبَعُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ، فَإِنَّكُمْ لَا تَدْعُونَ أَصَمَّ وَلَا غَائِبًا، إِنَّمَا تَدْعُونَ سَمِيعًا بَصِيرًا
Artinya: “Kami pernah bersama Rasulullah SAW di suatu peperangan dan kami tidak melalui suatu jalan, bukit atau pun menaiki lembah kecuali kami akan melantangkan suara dengan membaca takbir”.
Abu Musa berkata: kemudian Rasulullah SAW mendekat dan bersabda: “Wahai umat manusia, lirihkanlah suara kalian. Kalian tidak berdoa kepada Dzat yang tuli ataupun tidak ada. Sungguh kalian berdoa pada Dzat yang Maha mendengar dan Maha melihat. Dzat yang kalian berdoa kepada-Nya lebih dekat kepada kalian dari leher kendaraannya”. (HR. Bukhari)
Jemaah sholat Jumat yang dimuliakan Allah SWT,
Terkait makna doa dan dikabulkannya doa pada ayat di atas, Syekh Nawawi al-Bantani menjelaskan adanya dua kemungkinan makna:
Pertama, maksud dari doa tersebut adalah memohon ampunan atas dosa yang telah dilakukan, karena orang yang bertobat akan berdoa kepada Allah sebagai bentuk permohonan tobat. Dikabulkannya doa berarti Allah menerima tobat hamba-Nya.
Kedua, maksud dari doa itu ialah ibadah, sebagaimana sabda Nabi SAW yang mengatakan: “doa adalah ibadah”. Hal ini didukung pula oleh firman Allah dalam surah Al-Ghafir ayat 60 yang menjelaskan perintah untuk berdoa kepada-Nya maka Allah berjanji akan mengabulkan. Selain itu, ada juga peringatan kepada mereka yang enggan beribadah kepada-Nya agar tidak sombong dan angkuh karena ancamannya adalah neraka Jahanam.
Pada ayat ini juga, selain menjelaskan kedekatan Allah dengan hamba-Nya dalam mengabulkan doa, Allah juga secara tegas menjelaskan syarat bagaimana doa seorang hamba dapat dikabulkan.
Dengan demikian, berdoa menjadi bagian dari kewajiban kita sebagai hamba kepada Allah SWT agar tidak menjadi hamba yang lalai dan lupa terhadap segala nikmat yang telah diberikan oleh-Nya. Selain juga merupakan bentuk ketundukan kita terhadap perintah-Nya. Semoga kita termasuk dari bagian hamba-hamba-Nya yang taat dalam mengerjakan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْاٰيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَيَا فَوْزَ الْمُسْتَغْفِرِيْنَ وَيَا نَجَاةَ التَّائِبِيْنَ
Khutbah II
اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ الْاِيْمَانِ وَالْاِسْلَامِ. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ الْأَنَامِ. وَعَلٰى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ الْكِرَامِ. أَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ الْمَلِكُ الْقُدُّوْسُ السَّلَامُ وَأَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا وَحَبِيْبَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَاحِبُ الشَّرَفِ وَالْإِحْتِرَامِ
أَمَّا بَعْدُ. فَيَاأَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. فَقَالَ اللهُ تَعَالَى اِنَّ اللهَ وَ مَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يٰأَيُّهَا الَّذِيْنَ أٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَ سَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا
اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فْي الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
اَللّٰهُمَّ وَارْضَ عَنِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ. وَعَنْ اَصْحَابِ نَبِيِّكَ اَجْمَعِيْنَ. وَالتَّابِعِبْنَ وَتَابِعِ التَّابِعِيْنَ وَ تَابِعِهِمْ اِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ
اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ. اَللّٰهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالطَّاعُوْنَ وَالْاَمْرَاضَ وَالْفِتَنَ مَا لَا يَدْفَعُهُ غَيْرُكَ عَنْ بَلَدِنَا هٰذَا اِنْدُوْنِيْسِيَّا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِ بِلَادِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا اٰتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَ فِي الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ. عِبَادَ اللهِ اِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ. وَ اشْكُرُوْهُ عَلٰى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ. وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرُ
Saksikan Video Pilihan ini:
Advertisement