Jero Wacik Segera Panggil Bos Freeport

Menteri ESDM Jero Wacik segera memanggil Bos Freeport Indonesia Rozik B. Soetjipto guna meminta penjelasan soal insiden runtuhnya terowongan di tambang bawah tanah Big Gossan, Papua.

oleh Rinaldo diperbarui 21 Mei 2013, 13:25 WIB
Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik akan segera memanggil  Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Rozik B. Soetjipto guna meminta penjelasan soal insiden runtuhnya terowongan di tambang bawah tanah Big Gossan, Papua pada Selasa 14 Mei 2013.

Hingga Selasa (21/5/2013), pukul 08.00 WIB, jumlah korban meninggal akibat insiden tersebut mencapai 21 orang, 10 orang selamat dan 7 pekerja Freeport belum ditemukan.

"Saya akan panggil bos Freeport, kalau tidak hari ini ya besok sudah bertemu," ujar Jero Wacik di Istana Negara, Jakarta.

Jero mengatakan, fokus utama yang dipikirkan pemerintah dan Freepor saat ini adalah bagaimana caranya mengevakuasi korban yang masih tertimbun runtuhan terowongan.

Setelah itu, hal-hal lain seperti investigasi dan meminta pertanggungjawaban dari Freeport baru dilaksanakan. Jero mengaku pihaknya telah mengirimkan tim guna menginvestigasi penyebab kejadian tersebut

"Tugas utama kita evakuasi dulu, kita urus jenazahnya dengan baik," jelas Jero.

Dia membantah tudingan yang menyebutkan pemerintah tidak mendukung atau membela buruh yang bekerja di Freeport. "Tidak boleh Freeport menyepelekan pegawai, saya sangat memihak pada karyawan dan buruh," tegasnya. (Ndw)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya