MUI Minta Polisi Serius Berantas Penyakit Masyarakat dan Backing Bisnis Ilegal

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tarakan meminta polisi serius memberantas penyakit masyarakat

oleh Fachrur Rozie diperbarui 02 Mei 2023, 12:34 WIB
Ilustrasi Judi (pixabay.com)
Liputan6.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tarakan meminta polisi serius memberantas penyakit masyarakat. Pengurus MUI juga mendukung upaya polisi membersihkan oknum-oknum yang menjadi backing perjudian, narkoba, dan bisnis-bisnis ilegal lainnya.
 
Pernyataan MUI Tarakan itu disampaikan pengurus MUI Kota Tarakan dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Tarakan, serta berbagai organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam saat bertemu dengan Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona, pada Sabtu 29 April 2023.
 
Dalam pertemuan itu, Pengurus MUI Kota Tarakan Zainuddin Al Amin, mengatakan kemaksiatan seperti narkoba, perjudian, minuman keras dan perzinahan adalah penyakit masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerusakan moral, kejahatan dan dapat mendatangkan murka Allah.
 
"Untuk itu dimohon kepada pihak pemerintah dan aparat penegak hukum untuk berantas kegiatan yang dimaksud," ujar Al Amin.
 
Menurutnya, upaya pemberantasan penyakit masyarakat yang sedang dilakukan oleh Kapolres Tarakan berserta jajaran adalah perbuatan mulia yang sangat diapresiasi dan didukung sepenuhnya.
 
"Jika dibutuhkan kami dari MUI Kota Tarakan dan ormas-ormas Islam se-Kota Tarakan siap memberi bantuan anggota pendukung sebagai kekuatan sipil bersama dengan anggota kepolisian," kata Al Amin.

Dukungan Berantas Penyakit Masyarakat

Ilustrasi Foto Minuman Keras Vodka (iStockphoto)
Sementara, Kapolres Tarakan AKBP Ronaldo Maradona mengatakan dukungan tokoh agama, ormas Islam, dan FKUB merupakan energi positif bagi pihaknya untuk memberantas penyakit masyarakat dan backing bisnis ilegal.
 
"Semoga jadi energi positif bagi kami dalam menjalankan amanah sebagai Kapolres Tarakan. Dukungan para ulama sekalian menjadi angin segar bagi kami untuk tetap menegakkan nilai-nilai yang benar selama kami diberikan amanah di sini bersama rekan-rekan TNI, Binda, dan dari seluruh kesatuan lainnya," imbuhnya.
 
Menurutnya untuk memberantas penyakit masyarakat diperlukan kajian dari banyak pihak. Tentunya, kata dia, tak bisa menentukan dari satu perspektif saja.
 
"Yang jelas memang kita harus melangkah. Kalau kita mau melakukan perbaikan-perbaikan, harus ada langkah yang diambil. Contohnya kalau kita mau memberantas perjudian, memang penegakan hukum harus dilaksanakan," terangnya.
 
Dalam hal ini juga, kata dia, tidak hanya bisa dilakukan polisi, TNI, dan pemerintah, tetapi kesadaran ini harus jadi gerakan bersama.
 
"Kalau masyarakat berteriak kita tidak mau ada perjudian di Tarakan, ayo sama-sama bahu-membahu mewujudkan itu," urainya.
 
Sementara itu, berkaitan dengan keterlibatan oknum di dalam kasus perjudian, akan ditindaklanjuti.
 

Oknum Polisi Diperiksa

Sebelumnya diberitakan 10 oknum anggota Polri di lingkup Polda Kaltara diduga terlibat dalam kasus hilangnya barang bukti BBM. Kini, 10 oknum anggota Polda Kaltara disebut-sebut tengah menjalani pemeriksaan lebih lanjut, karena dinilai melakukan pelanggaran kode etik.
 
"Komitmen kami dari awal diberikan jabatan sebagai Kapolres Tarakan, saya pastikan dulu. Saya tidak akan pandang bulu untuk melakukan penindakan," kata Ronaldo.
 
Ia menjelaskan, dukungan masyarakat penting dan menjadi harapan untuk diwujudkan bersama. Kata dia, pihaknya akan melakukan penegakan hukum sesuai dengan harapan masyarakat.
 
"Kita akan susun strateginya, sudah pernah saya sampaikan, balap lari misalnya. Balap lari, bukan larinya dikhawatirkan tapi ada kegiatan perjudian di situ. Kemudian sudah dengar juga pandangan dari tokoh-tokoh agama," jelasnya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya