Pria Jomblo dan Perokok, Rentan Terserang Kanker Mulut

Studi baru menunjukkan pria perokok dan pria berstatus lajang, lebih mungkin untuk memperoleh penyebab kanker Human Papilomavirus Oral (HPV)

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 08 Jul 2013, 16:30 WIB
Sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam Jurnal The Lancet menunjukkan, pria perokok dan pria berstatus lajang, lebih mungkin untuk memperoleh penyebab kanker Human Papilomavirus Oral (HPV).
 
Para peneliti yang berasal dari Moffit Cancer Center, National Cancer Institute, Meksiko dan Brasil, melaporkan, infeksi HPV Oral baru diperoleh pada pria sehat dengan jumlah minim sekali.
 
Infeksi HPV diketahui jadi penyebab kanker serviks, kanker anal dan beberapa jenis kanker kelamin.
 
Baru-baru ini ditetapkan, HPV sebagai penyebab mayoritas kanker oropharyngeal, keganasan pada amandel dan pangkal lidah. Kanker yang terkait dengan HPV memang jarang terjadi, tetapi angkanya meningkat pesat, terutama di kalangan pria.
 
"Beberapa jenis HPV, seperti HPV 16, yang diketahui menyebabkan kanker di beberapa tempat di tubuh, termasuk rongga mulut," jelas pemimpin penelitian dari Moffitt`s Center for Infection Research in Cancer, Christine M. Pierce Campbell, Ph.D., MPH, seperti dilansir Zee News, Senin (8/7/2013).
 
Selama 12 bulan pertama, hampir 4,5 persen pria dalam studi tersebut telah mengidap infeksi HPV Oral.
 
Kurang dari 1 persen pria dalam studi itu memiliki infeksi HPV16, jenis yang paling sering didtemukan. Kurang dari 2 persen memiliki tipe dari penyebab kanker HPV oral.
 
Namun, penelitian ini menunjukkan perolehan penyebab kanker HPV oral muncul lebih besar di kalangan perokok, daripada pria yang masih lajang.
 
(Adt/Abd)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya