Demokrat Kontak 12 Kandidat Peserta Konvensi Capres

Sebanyak 12 nama yang telah diputuskan Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono untuk dijajaki ikut dalam konvensi telah dihubungi.

oleh Rinaldo diperbarui 29 Jul 2013, 16:30 WIB

Pelaksanaan konvensi capres Partai Demokrat terus dimatangkan. 12 nama yang telah diputuskan Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono untuk dijajaki ikut telah dihubungi.

"Saya ditugaskan Ketua Majelis Tinggi (SBY) untuk menghubungi dan berdiskusi secara lisan, tapi sifatnya informal. Dan itu sudah saya lakukan," ujar Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Jero Wacik, usai sidang kabinet paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/7/2013).

Nama-nama yang sudah dihubungi itu juga diakui Jero adalah 2 kader dari partai lain. Namun, dirinya merasa tak harus sowan atau melapor ke parpol asal sang calon. "Saya sudah bicara dengan beliau lisan. Ini kan nawarin dan sifatnya individu," tegasnya.

Meski sudah berkomunikasi langsung dengan calon, Jero enggan menyebut nama-nama mereka. "Awal September baru diumumkan jika sudah final," ujarnya.

Namun, Jero memberi bocoran bahwa dari keseluruhan calon-calon yang dihubungi itu, sebagian besar adalah kalangan eksternal Partai Demokrat.

"Lebih banyak dari luar. Dari diskusi saya kelihatan siapa yang berminat dan tidak. Ada juga yang mengatakan akan berpikir dulu. Tapi lebih banyak yang berminat," tuturnya.

Yang jelas, lanjut Jero, sebelum nama-nama peserta diumumkan, mereka akan diundang secara resmi untuk menandatangani kesepakatan.

Bagaimana kalau sang calon tak setuju? "Kalau yang bersangkutan tak mau dan tak setuju (aturan konvensi) ya nggak usah. Kita bisa bersalaman dan bersahabat saja," tutup Jero. (Riz/Yus)

 

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya