Pemudik di Terminal Kalideres Diprediksi Menurun

Jumlah pemudik dari Terminal Kalideres jelang Lebaran tahun ini diprediksi menurun karena belum terlihat kepadatan calon penumpang.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 31 Jul 2013, 13:30 WIB
Jelang Hari Raya Idul Fitri, lonjakan penumpang di sejumlah stasiun kereta dan terminal bus yang ada di Jakarta biasanya sudah mulai terlihat. Namun, hingga H-8, di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, belum terlihat adanya lonjakan penumpang.

Hal itu dibenarkan oleh Fauzi (43), salah satu pengurus dan penjual tiket perjalanan dari perusahaan angkutan bus Lantara Giri Indah. Walaupun Lebaran tinggal sepekan, Fauzi menilai belum ada lonjakan penumpang yang akan mudik di terminal ini.

"Sampai sekarang belum ada keramaian antrean di loket-loket bus. Masih sama seperti hari-hari biasa," kata dia di Terminal Kalideres, Jakarta, Rabu (31/7/2013).

Belum terlihatnya antrean panjang dan menumpuknya penumpang hingga hari ini, menurut Fauzi menandakan bakal terjadi penurunan jumlah penumpang pada arus mudik tahun ini.

"Tahun ini beda sama tahun-tahun sebelumnya, biasanya kalau sudah masuk H-10 sudah ramai penumpang. Tapi sekarang sudah H-8 belum juga ramai. Kayanya yang pada mudik tahun ini lebih suka naik kendaraan pribadi," tambah Fauzi.

Pantauan Liputan6.com, jumlah penumpang yang akan mudik di terminal ini memang belum terlihat adanya peningkatan. Walaupun ramai, di depan loket pembelian tiket belum ada antrean panjang.

Kendati demikian, Komandan Regu Terminal Kalideres, Mursali, mengatakan hal itu karena puncak arus mudik di Terminal Kalideres belum terjadi.

"Puncaknya diperkirakan mulai 5 Agustus nanti. Soalnya tanggal segitu kan pemerintah sudah tetapkan cuti bersama. Tapi di akhir pekan ini Jumat atau Sabtu mungkin sudah ada peningkatan," ujar Fauzi. (Ado/Sss)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya