Sosok Mourinho di Mata Bek Senior Portugal

Ricardo Carvalho mengungkapkan Jose Mourinho menjadi salah satu pelatih terbaik di dunia karena tak ada kata kalah dalam kamus hidupnya.

oleh Liputan6 diperbarui 31 Jul 2013, 20:28 WIB
Pelatih asal Portugal yang kini mengarsiteki skuat Chelsea Jose Mourinho dikenal sebagai manajer fenomenal dan sarat prestasi. Tak salah jika sebagian publik sepakbola memberinya predikat sebagai salah satu pelatih bola terbaik dunia saat ini. Mourinho tak mengenal kata kalah dalam kamus hidupnya selama menjadi pelatih.

Di mata bek senior Portugal Ricardo Carvalho, sosok Jose Mourinho adalah orang yang luar biasa dan selalu optimistis. Carvalho pernah bekerjasama dengan Mou saat dirinya masih bermain di Chelsea dan Real Madrid. Palang pintu pertahanan yang selalu menjadi andalan ini mempunyai kesan mendalam pada Mou yang pernah memberikan sejumlah gelar juara itu.

"Ketika ia kalah, dia tidak bisa hidup dengan itu. Dia tidak bisa hidup dengan kekalahan dan Anda merasa hal tersebut dalam dirinya," ungkap Carvalho seperti dikutip Sky Sports.

"Saat Anda bermain buruk, hari berikutnya akan menjadi hari yang sulit untuk bekerja dengan dia. Dia tidak banyak bicara tapi saat dia berbicara, dia akan mengkritik kinerja Anda. Dia membuat Anda harus memperbaiki penampilan Anda," katanya.

"Kadang-kadang dia mengkritik Anda di depan pemain lain, di lain waktu ia berbicara secara personal. Dia hanya mengatakan apa yang dipikirkannya, apa yang ia lihat dan yang benar baginya," kata pemain AS Monaco ini.

Lebih jauh Carvalho mengatakan meski sering mengkritik, hubungan Mourinho dengan pemain tetap berjalan baik. "Dia tidak menyalahkan Anda, dia bilang itu untuk membantu Anda," tandas Carvalho. (*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya