Tes Urine, 44 Sopir Bus di Terminal Kalideres Negatif Narkoba

BNN menggelar pos siaga mudik di 4 terminal di Jakarta, salah satunya Terminal Kalideres, Jakarta Barat.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 01 Agu 2013, 16:09 WIB
Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar pos siaga mudik di 4 terminal di Jakarta, salah satunya Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Sebanyak 44 sopir bus antarkota di terminal itu telah diperiksa urinenya. Mereka yang disinyalir mengonsumsi narkoba akan diberikan sanksi tegas berupa pelarangan untuk beroperasi.

"Sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, kami telah memeriksa 19 sopir dengan hasil negatif. Begitu juga dengan tes urine yang dilakukan Dinas Kesehatan DKI, mereka telah menguji tes urine terhadap 25 sopir dan semua (hasilnya) negatif," kata Pelaksana Tugas Kabid Pemberantasan BNNP DKI Heri pujiono di lokasi, Jakarta, Kamis (1/8/2013).

"Para sopir tidak merasa keberatan saat kami uji urinenya. Jika ada yang positif, ya jelas tidak boleh mengemudi dan dilakukan pengobatan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Terminal Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kalideres, Jakarta Barat, Hengki Sitorus mengatakan, tes urine ini akan dilakukan secara rutin setiap hari, mulai dari H-7 Lebaran yang jatuh pada hari ini hingga H+7 Lebaran.

Tes urine yang digelar di posko BNNP dan Dinas kesehatan Provinsi DKI Jakarta ini bersiaga mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. "Kami akan mengajak para sopir untuk melakukan tes urine sebelum pemberangkatan. Kalau tidak mau kami larang mereka mengemudi," pungkas Hengki. (Ndy/Mut)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya