OJK Imbau BEI Pantau Pergerakan IHSG Pasca Libur Lebaran

OJK mengakui naik turunnya laju IHSG merupakan hal lumrah. Namun pihaknya memiliki SOP untuk melihat pergerakan indeks.

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 12 Agu 2013, 15:44 WIB
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berpesan kepada pengelola pasar modal nasional untuk terus mengawasi laju pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Imbauan ini disampaikan seiring pembukaan perdagangan saham pasca libur panjang Lebaran yang turun 45,55 poin (0,94%).

"Memang indeks hari ini turun dan melihat bursa saham lain juga ada di zona merah. Tapi naik turunnya indeks menjadi hal yang lumrah," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Nurhaida di kantornya, Jakarta, Senin (12/8/2013).

Dia melanjutkan, sebagai regulator pasar modal dan keuangan, OJK berkewajiban mengawasi perkembangan IHSG setiap waktu. Pengawasan ini didukung dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah dimiliki.

"Ssebelum lebaran indeks sempat naik dan hari ini turun tapi tidak drastis, jadi regulator perlu mengawasi tergantung kondisi penurunan indeks, jelasnya.  

Sekadar informasi, sepekan jelang libur panjang lebaran melemah 18,09 poin (0,39%). Meski turun, pelemahan yang terjadi pada bursa saham domestik masih lebih baik dibandingkan pekan sebelumnya.

Mengawali perdagangan Senin pagi, IHSG tampaknya disenggol oleh sejumlah sentimen negatif dari bursa regional. Alhasil, indeks pun dibuka melemah 45,55 poin (0,94%) ke level 4.597,22.(Fik/Shd)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya