Suap Kepala SKK Migas, DPR Dorong KPK Periksa Jero Wacik

Sohibul menilai, sebagai menteri, Jero turut bertanggung jawab atas kebobolan ini.

oleh Liputan6 diperbarui 14 Agu 2013, 16:18 WIB
Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini resmi menjadi tersangka karena diduga menerima suap sebesar US$ 400 ribu. Dengan tertangkapnya mantan Wakil Menteri ESDM itu, kini kinerja Kementerian ESDM pun dipertanyakan. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta untuk turut memeriksa Menteri ESDM Jero Wacik.

"SKK ada lembaga pengawas juga, karena ketua pengawasnya itu Kementerian ESDM, itu Pak Jero sendiri," kata Wakil Ketua DPR Sohibul Iman di Jakarta, Rabu (14/8/2013).

"Kita secara institusi sudah bagus ada institusi pengawas, tentu berjalan efektif atau tidak, ini yang harus dipertanyakan," imbuhnya.

Sohibul menilai, sebagai menteri, Jero turut bertanggung jawab atas kebobolan ini. Dia pun mendorong KPK untuk menyelidiki dugaan campur tangan Jero di dalam kasus korupsi itu.

"Semua pihak, baik pejabat dan instansi terkait harus didalami apakah terkait dengan instansi lain. Saya berharap jangan sampai hanya kemudian mentok di Pak Rudi. Kemungkinan-kemungkinan ini bisa dikembangkan oleh penegak hukum, oleh KPK, itu prosedur umum untuk kaitkan ke sana, ke mari," ucapnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga memandang perlunya sebuah lembaga pengawas yang independen untuk mengawasi kinerja SKK Migas ke depannya. (Ndy/Mut)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya