Diduga Suap Kepala SKK Migas, Kernel Oil Juga Diincar BPK

Kernel Oil berpartisipasi di Kontraktor Production Sharing (PSC) waktu kepemimpinan R Priyono sebagai Kepala BP Migas.

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 14 Agu 2013, 18:22 WIB
Petinggi PT Kernel Oil, Simon, diduga sebagai pihak penyuap kepada Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini. Simon menyerahkan US$ 400 ribu kepada Rudi melalui Ardi yang diketahui berprofesi pelatih golf.

Penelusuran Liputan6.com, Kernel Oil saat ini juga tengah dibidik Badan Pemeriksa Keuangan. Perusahaan trader eksplorasi minyak itu diduga menggelembungkan harga penjualan LNG ke Thailand. Kernel pun berpartisipasi di kontrak production sharing (KPS) saat R. Priyono menjadi Kepala BP Migas.

"Kami sedang menyelidiki dugaan penggelembungan harga itu," kata sumber di BPK, Rabu (14/8/2013).

Wakil Ketua BPK, Hasan Bisri, mengaku belum dengar audit tersebut. Nanti saya cek dulu, karena sekarang saya lagi di jalan," ungkap Wakil Ketua BPK, Hasan Bisri saat dihubungi dengan Liputan6.com.

Dia juga mengaku belum mengenal profil maupun identitas Kernel Oil yang telah tercatat sebagai salah satu dari 40 perusahaan perdagangan minyak negara melalui tender di SKK Migas.

"Siapa itu ya Kernel Oil? Coba nanti SMS saya, dan saya akan cek segera," lanjutnya.

Simon dijerat KPK karena mencoba menyuap Rudi. Uang tak diberikan langsung, melainkan melalui rekannya, Ardi. Pelatih golf itu pun kemudian menyerahkan uang US$ 400 ribu di rumah dinas Rudi di Jalan Brawijaya, Jakarta. (Ary/Yus)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya