[VIDEO] Arus Balik Via Cikampek Masih Padat

Arus balik baik yang melewati jalur utara atau selatan masih terlihat padat, meski tak menimbulkan kemacetan.

oleh Liputan6 diperbarui 15 Agu 2013, 06:41 WIB
Memasuki H-7 Lebaran, kondisi arus lalu-lintas di jalur utara, tepatnya di pertigaan Jomin, Kecamatan Cikampek, Karawang, Jawa Barat, terlihat masih padat oleh kendaraan dari wilayah Jawa Tengah yang akan menuju Jakarta. Kendaran mengular sejak keluar dari Tol Cikopo hingga ke pertigaan Mutiara.

Kepadatan tak hanya terjadi di pagi hari, namun sudah terasa sejak malam. "Sampai malam tadi, khususnya di wilayah Karawang masih terjadi lonjakan pemudik yang akan kembali ke Jakarta," jelas Kasat Lantas Polres Karawang AKP M. Rano Hadiyanto, dalam tayangan langsung Liputan 6 SCTV, Kamis (15/8/2013) pagi.

Kondisi itu menurut Rano akan bertahan hingga pagi ini karena di wilayah lain dikabarkan masih ada penumpukan kendaraan pemudik. "Di Polres Subang dan Indramayu masih ada penumpukan kendaraan yang beberapa waktu kedepan akan memasuki Karawang," jelasnya.

Dijelaskan Rano, masih padatnya arus balik meski Lebaran telah sepekan berlalu, karena perbedaan masa libur. "Pegawai masuk kerja Senin, sedangkan karyawan swasta Rabu atau Kamis ini. Kalau anak sekolah mulai masuk Senin depan," ujarnya.

Kendati demikian, lanjutnya, pihak kepolisian akan tetap bersiaga penuh demi keamanan para pemudik. "Kita tetap menyesuaikan dengan dinamika yang terjadi di lapangan," tegasnya.

Sementara dari jalur selatan, tepatnya di pertigaan Cileunyi, Bandung, Jabar, arus lalu-lintas pagi ini cukup lancar. Kendaraan dari Tasikmalaya, Garut, serta Sumedang yang akan masuk Tol Cileunyi terlihat tak menemui hambatan.

Kondisi ini sedikit berbeda dari hasil pantauan tadi malam di lokasi yang sama di mana arus lalu-lintas cukup ramai. Yang jelas, para pemudik yang melewati jalan ini harus tetap waspada dan berhati-hati. Sebab di perempatan Cileunyi juga terdapat terminal bayangan yang ada bus besar dan sedang yang kerap menjadi penyebab kemacetan. (Ado)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya