Menkumham: 11 dari 15 Napi LP Labuhan yang Kabur Sudah Ditangkap

Kemenkumham saat ini tengah berupaya untuk merelokasi para narapidana ke lapas lain sembari melakukan evaluasi.

oleh Rinaldo diperbarui 19 Agu 2013, 12:05 WIB
Dalam kerusuhan yang terjadi di Lembaga Pemasyarakatan Labuhan Ruku, Sumatera Utara, belasan narapidana sempat melarikan diri. Namun, sikap cepat tanggap aparat keamanan berhasil menangkap kembali para pelarian itu.

"Inventarisasi terakhir ternyata 15 orang yang berusaha kabur melalui dinding kiri kanan yang rusak. Tapi tertangkap kembali 11 orang," jelas Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsudin, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Senin (19/8/2013).

Kerusuhan ini, lanjut Amir, telah menambah masalah di Lapas Labuhan Ruku. Jika sebelumnya hanya ada masalah kelebihan kapasitas tahanan, kini ditambah lagi dengan rusaknya bangunan lapas. "Sekarang masalah kami adalah, dari 3 blok yang ada, blok C ikut terbakar. Jadi, sudah over kapasitas, hunian juga berkurang satu blok," ujarnya.

Karena itu, kata Amir, pihak Kemenkumham saat ini tengah berupaya untuk merelokasi para narapidana ke lapas lain sembari melakukan evaluasi terhadap lapas-lapas yang ada saat ini. "Sekarang sedang dipikirkan untuk relokasi. Sebagian sudah dievakuasi sejak tadi malam ke lapas-lapas terdekat," kata Amir.

Sementara untuk mencegah aksi serupa terjadi di lapas lainnya, pihak Kemenkumham sudah menetapkan pengamanan maksimal di seluruh lapas di Indonesia. "Petugas dengan dukungan aparat kepolisian dan TNI siaga di seluruh lapas dan rutan di Indonesia," tegas Amir. (Ado/Ary)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya