Kandidat Capres Harus Raih 9 Suara Komite Konvensi Demokrat

Namun, Rully enggan menyebutkan siapa-siapa nama yang telah dihubungi oleh Komite Konvensi.

oleh Liputan6 diperbarui 19 Agu 2013, 17:10 WIB
Sejumlah tokoh sudah masuk dalam daftar konvensi capres Partai Demokrat, termasuk Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal. Tapi, untuk lolos dalam seleksi, para kandidat harus meraup minimal 9 suara dari anggota Komite.

"Anggota komite 17 (orang). Jadi untuk bisa lolos harus didukung 8 tambah 1. Jadi minimal 9 suara (anggota komite)," ujar Juru Bicara Komite Konvensi Capres Partai Demokrat Rully Charis dalam pesan singkatnya di Jakarta, Senin (19/8/2013).

Menurutnya, malam nanti, Komite akan membahas nama-nama calon peserta yang telah dihubungi oleh anggota komite sebelumnya. "Kemudian diambil keputusan. Jika perlu dilakukan voting dengan setengah dari keseluruhan (anggota komite) plus 1," kata dia.

Namun, Rully enggan menyebutkan siapa-siapa nama yang telah dihubungi oleh Komite Konvensi. "Sebut aja nama-nama itu terdiri dari berbagai latar belakang. Ada pejabat publik yang masih menjabat, mantan pejabat publik, akademisi, kepala daerah berprestasi, anggota DPR, tokoh wanita dan lain-lain" ujar Rully.

Sejumlah nama yang masuk dalam daftar antara lain Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menteri BUMN Dahlan Iskan, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Ketua DPD Irman Gusman, dan Dubes RI untuk AS Dino Patti Djalal. (Ism/Sss)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya