3 Cara Alternatif Mahfud MD Berlaga di Pilpres Selain Konvensi PD

Bagi Mahfud, Konvensi Capres Partai Demokrat bukanlah satu-satunya jalan untuk bisa mengantarkannya sebagai capres.

oleh Riski Adam diperbarui 27 Agu 2013, 08:09 WIB
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyatakan siap melaju sebagai calon presiden dalam Pilpres 2014 mendatang. Salah satu tokoh undangan untuk mengikuti konvensi capres Partai Demokrat itu mengaku belum bisa memastikan apakah akan menggunakan 'partai biru' itu sebagai kendaraan politiknya nanti.

"Saya siap jadi presiden siap jadi capres, tetapi soal tiket ini (Konvensi Partai Demokrat) belum saya putuskan ikut atau tidaknya," kata Mahfud di Blok M, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2013).

Bagi Mahfud, Konvensi Capres Partai Demokrat bukanlah satu-satunya jalan untuk bisa mengantarkannya sebagai capres. Sejauh ini ada 3 alternatif lainnya yang telah dikantonginya untuk memuluskan jalan menuju laga Pemilu 2014 mendatang.

"Ada 4 alternatif, yakni yang pertama ikut konvensi. Kedua itu langsung ikut capres dari sebuah partai, yang ketiga itu menggalang koalisi (untuk pencapresannya), dan keempat mungkin di luar jalur capres yakni menjadi cawapres dari tokoh yang ada. Itu jalur alternatif di depan," ungkap Mahfud.

Nama Mahfud MD memang sempat digadang-gadang menjadi capres dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), namun elektabilitas PKB dalam beberapa lembaga survei dirasa sulit membawa Mahfud menjadi capres 2014 untuk mendapatkan presidential threshold sebanyak 20 persen suara nasional.

Selain itu, Partai Golkar yang telah mendeklarasikan ketua umumnya, yakni Aburizal Bakrie sebagai capres disebut-sebut akan meminang Mahfud sebagai cawapresnya. Lalu jalur manakah yang akan dipilih Mahfud untuk membawanya sebagai RI1? (Mhs/Ndy)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya