6 Kota Hunian Terbaik di Dunia

Keamanan, infrastruktur dan ekonomi, daya beli dan kedamaian dapat menjadi tolak ukur yang dapat membangun atau merusak citra sebuah kota.

oleh Siska Amelie F Deil diperbarui 30 Agu 2013, 05:33 WIB
Keamanan, infrastruktur dan ekonomi yang solid, daya beli dan kedamaian dapat menjadi tolak ukur yang dapat membangun atau merusak citra sebuah kota. Menurut survei yang dilakukan Economist Intelligence Unit (EIU), krisis global pada 2008 telah membuat sebagian kota menjadi tidak nyaman untuk dihuni.

Namun jangan salah, banyak juga kota yang kembali pulih bahkan dinobatkan sebagai kota-kota terbaik di dunia. Seperti dilansir dari Forbes, Jumat (30/8/2013), akibat krisis tersebut sejumlah kota di Eropa bahkan di Islandia  mengalami penurunan peringkat kota hunian terbaik dunia yang ditentukan EIU. Peringkat tersebut dirangkum dan dikenal sebagai `Global Livability Ranking`.

Meski demikian banyak kota yang awalnya menderita, tapi kemudian berhasil mendadani tata letak dan stabilitas ekonominya kembali. Kota-kota tersebut memberikan perubahan yang positif sebagai tempat tinggal.

Bogota di Kolombia misalnya merupakan salah satu contoh kota dengan peningkatan perbaikan paling tinggi. Indikatornya adalah berkurangnya ancaman kekerasan dan penculikan di kota tersebut.

Dari 140 kota terbesar di dunia, EIU telah memilih beberapa kota hunian terbaik berdasarkan signifikansi perkembangannya. Tak hanya itu, kenyamanan para penghuninya juga menjadi salah satu tolak ukur EIU dalam menentukannya pilihannya.

Kanada dan Australia tercatat sebagai negara penyumbang kota terbaik terbanyak. Melbourne yang menempati urutan pertama dipilih karena menyediakan fasilitas yang luar biasa bagi penduduknya. Sekolah dan infrastrukturnya tak bisa diragukan lagi.

Dari 140 kota terbesar, berikut 6 kota hunian terbaik di dunia menurut survei EIU:



1. Melbourne, Australia

Tak heran banyak konglomerat China yang memborong real estate di Melbourne. Kota ini memiliki sejumlah sekolah hebat dan iklim yang baik. Selain itu, infrastruktur yang dibangun di Melbourne sangat luar biasa. Tak heran kalau kota dari Australia ini menjadi yang terbaik di planet ini.




2. Wina, Austria

Berlokasi di Austria, Wina berada di posisi ke-2 sebagai kota terbaik di dunia. Meski ekonominya sempat menderita akibat krisis finansial Eropa, tapi setidaknya kota tersebut mampu pulih kembali. Saat terjadi perseteruan politik, kota ini tetap menjadi tempat terbaik.





3. Vancouver, Kanada

Sebagai salah satu bagian dari Holywood, Vancouver memiliki kecantikan yang luar biasa sebagai kota hunian. Maka itu EIU memilihnya untuk berada di posisi ke-3. Keindahan kotanya, membuat Vancouver sulit dilewati para pesaing di bawahnya.





4.Toronto, Kanada

Kota hunian terbaik berikutnya masih berlokasi di Kanada. Toronto dipilih EIU sebagai kota terbaik di urutan ke-4 dunia. Kota tersebut adalah Toronto yang terkenal dengan Riverdale Park-nya.

Bertandang ke Toronto dan berkeliling di sana akan membuat Anda merasa di Dubai. Sejauh mata memandang, Anda akan melihat banyak pencakar langit.




5. Calgary, Kanada

Berada di posisi ke-5, kota ini dinilai memiliki suhu yang lebih dingin dibanding kota lain di peringkat yang sama yaitu Adelaide, Australia. Namun dilihat dari segi stabilitas ekonomi, nilai yang diperoleh Calgary lebih tinggi daripada Adelaide. Sedangkan untuk budaya dan lingkungan, nilainya lebih kecil.




6. Adelaide, Australia

Secara global, salah satu kota terbaik untuk dijadikan tempat  tinggal adalah Adelaide, Australia. Dari 140 kota terbesar yang ada di di dunia, Adelaide menempati posisi ke-5 dan bersaing ketat dengan Calgary dari Kanada.


(Sis/Ndw)



POPULER

Berita Terkini Selengkapnya