Microsoft Dikabarkan Akan Tanam Investasi di Foursquare

Dengan memiliki saham di Foursquare, tentu Microsoft punya keuntungan untuk berperan lebih besar di jejaring sosial dan layanan mobile.

oleh Bayu Galih diperbarui 30 Agu 2013, 11:11 WIB
Microsoft dikabarkan sedang melakukan pembicaraan untuk menanamkan investasi ke media sosial berbasis lokasi Foursquare. Mengutip Reuters, Jumat (30/8/2013), kabar ini pertama kali diungkap Bloomberg yang mengabarkan pembicaraan sudah dalam tahap lanjutan.

Meski pembicaraan sudah dilakukan mendalam, Foursquare disebut masih mencari mitra lain yang dianggap potensial. Karena itu masih ada kemungkinan tak akan terjadi kesepakatan antara Microsoft dengan Foursquare.

Selama ini Foursquare dikenal sebagai layanan yang memungkinkan penggunanya untuk check-in atau mengklaim telah mendatangi suatu tempat. Selain itu, Foursquare juga menjadi media yang efektif untuk mempromosikan suatu tempat, baik itu restoran, kafe, atau toko.

Dengan memiliki saham di Foursquare, tentu Microsoft punya keuntungan untuk berperan lebih besar di jejaring sosial dan layanan mobile. Selama ini layanan mobile memang menjadi garapan serius para perusahaan teknologi, misalnya saja Apple, Facebook, dan Yahoo yang sudah melakukan langkah akuisisi perusahaan startup di bidang mobile. Untuk urusan mobile, Microsoft memang bisa dianggap lambat.

Mengutip The Verge, kabar ketertarikan investasi Microsoft ini juga muncul sehari setelah aplikasi Foursquare tersedia di Windows 8 untuk PC dan tablet. Tentu Microsoft merasa keberadaan Foursquare di Windows 8 saja tidak cukup. Bayangkan jika Microsoft mengintegrasikan Foursquare dengan layanan Bing, terutama aplikasi peta, tentu peta besutan Microsoft akan hadir lebih komplit dengan beragam tempat atau places yang didapat dari database Foursquare.

Juru bicara Foursquare Brendan Lewis mengatakan kalau informasi itu bersifat rumor. "Kabar ini jelas termasuk dalam kategori 'rumor dan spekulasi'," ujarnya dalam email ke Reuters.

Sayangnya Microsoft belum bersedia memberikan komentar. (gal)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya