Salah Ucap `Mandela Wafat`, Mantan Presiden Bush Minta Maaf

Juru bicara Bush, Jim McGrath menyatakan permintaan maaf dari Bush dan dirinya sendiri untuk Mandela

oleh Riz diperbarui 02 Sep 2013, 16:34 WIB

Mantan Presiden Amerika Serikat George H.W. Bush menyampaikan ucapan yang cukup fatal. Ia mengungkapkan rasa bela sungkawa atas meninggalnya mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela. Padahal Mandela sendiri belum wafat dan bahkan baru keluar dari rumah sakit setelah sempat kritis.

Karenanya, juru bicara Bush, Jim McGrath menyatakan permintaan maaf dari Bush dan dirinya sendiri untuk Mandela. Ia mengungkapkan, Bush salah ucap karena dirinya yang salah membaca cuplikan berita di Washington Post, lalu memberikan info salah itu ke Bush.

"Pernyataan presiden ke-41 pagi ini merupakan kesalahan saya membaca kepala berita WaPo (Washington Post). Saya sudah melakukan kesalahan bodoh. Saya meminta maaf," kicau Jim, seperti dimuat CNN, Senin (2/9/2013).

Dalam lansiran USA Today, Bush dan sang istri menyatakan berduka atas wafatnya tokoh anti-apartheid terkemuka itu.

"Barbara dan saya berduka atas meninggalnya salah satu orang yang percaya akan kebebasan yang sangat kita banggakan. Saya sungguh kagum saat Nelson Mandela memaafkan sipir penjara setelah 26 tahun dipenjara tanpa pengadilan," ucap Bush dalam rilis duka cita ke kantor kepresidenan Afsel.

"Dia adalah seorang pria dengan keberanian yang luar biasa, yang mengubah jalan sejarah di negaranya. Barbara dan saya sangat menghormati Presiden Mandela dan menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga dan bangsanya," imbuh ayah dari George W Bush itu yang juga mantan presiden AS.

Kantor kepresidenan Afsel pun langsung membalas dan memberikan koreksi. "Kabar tersebut tidak benar. Ada kesalahan pada beliau (Bush) tapi kami tidak akan mempermasalahkannya," ujar juru bicara kepresidenan Afsel, Mac Maharaj. (Riz/Mut)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya