Rumania-Hungaria Intip Posisi Play-off

Rumania, yang memiliki tiga pertandingan sisa kandang, sadar bahwa kemenangan bisa menggusur kedudukan Hungaria di posisi dua klasemen grup.

oleh a.yani diperbarui 06 Sep 2013, 20:30 WIB
Timnas Rumania akan menjamu Hungaria di Arena Național, Bukares, Sabtu (7/9/2013), dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa. Rumania dan Hungaria berada di grup D bersama-sama dengan Belanda, Turki, Estonia, dan Andorra.  Posisi Rumania di klasemen grup ada di urutan ketiga dengan 10 poin hasil tiga kali menang, satu kali seri, dan dua kali kalah. Sedangkan, Hungaria unggul satu poin dan berhak menempati peringkat kedua dibawah Belanda dengan 11 poin.

Terpaut delapan poin dari pemuncak klasemen, Belanda, Rumania, yang memiliki tiga pertandingan kandang ditambah perjalanan ke Andorra, sadar bahwa kemenangan bisa menggusur kedudukan Hungaria, yang masih harus menghadapi Belanda pada Oktober mendatang.

Sebagai tuan rumah Rumania tentunya akan memanfaatkan semua peluang termasuk dukungan para pecinta sepakbola di seluruh penjuru negeri. Rumania bisa melakoni babak play off jika bisa menempati posisi kedua dibawah Belanda karena untuk menyalip pimpinan klasemen sangat berat.

Dalam hal keterikatan emosional dengan sepakbola, suporter Rumania terkenal karena gairah dan semangatnya. Menyikapi kondisi itu, mantan kapten, Marius Niculae, berharap penonton tuan rumah dapat memberikan dukungan kuat kepada timnasnya, yang tengah mencari kemenangan keempat.

"Kami memiliki fans sepakbola yang baik, dan dukungan mereka dapat mendorong kita untuk mendapatkan hasil yang baik," kata striker 32 tahun itu kepada FIFA.com."Disoraki pendukung, kami bisa mengalahkan lawan yang sama 2-0 dalam kualifikasi Piala Dunia tahun 2001. Dan, kita bisa mengulang kemenangan," imbuhnya.

Menghadapi laga nanti, Rumania memiliki persiapan cukup baik. Setelah dipermak Belanda 0-4, Rumania sudah melakoni dua laga ujicoba yang hasilnya adalah kemeangan telak 4-0 atas Trinidad and Tobago serta imbang 1-1 lawan Slovenia.

Sebaliknya, catatan pertandingan yang didapat Hungaria, tidak lebih baik. Setelah bermain imbang lawan Rumania di pertemuan pertama, Hungaria hanya mampu main seri saat bertemu Turki di kualifikasi Piala Dunia dan hanya menang tipis 1-0 dari Kuwait. Setelah itu Hungaria kembali bermain seri melawan Republik Ceko dalam pertandingan persahabatan.

Meski begitu Hungaria tentu akan berusaha mempertahankan posisinya. Kesempatan yang sudah ada dalam genggaman tidak akan dibiarkan begitu saja direbut Rumania.

Selain kedua tim, di posisi berikutnya Turki juga mengintip celah merebut posisi play-off setelah melakukan pergantian pelatih. Abdullah Avci mundur dan pelatih kawakan Fatih Terim diserahkan tugas memimpin Ay Yildizlilar. Kemenangan atas Andorra dan Rumania menjadi tugas wajib Terim untuk menyelamatkan misi mencapai Brasil.

Sementara itu. dengan rekor sempurna dari enam pertandingan, Belanda berada di urutan terdepan dalam mendapatkan tiket Piala Dunia pertama dari Eropa. Oranje membutuhkan enam poin dari dua pertandingan tandang melawan Estonia dan Andorra untuk memastikannya. Setidaknya di atas kertas itu bukan misi yang sulit diwujudkan.


Head-To-Head

PPD 2014 UEFA       ‎(WCQ)‎     23 Mar 2013     Hongaria 2 - Romania 2     
Ujicoba Antarnegara ‎(UJI)‎      13 Agu 2009     Hongaria 0 - Romania 1     

Lima Pertandingan Terakhir

Rumania
15 Agu 2013    Romania 1 - Slowakia 1    UJI
5 Jun 2013    Romania 4 - Trinidad & Tobago 0    UJI
27 Mar 2013    Belanda 4 - Romania 0    WCQ
23 Mar 2013    Hongaria 2 - Romania 2    WCQ
7 Feb 2013    Romania 3 - Australia 2    UJI

Hungaria
15 Agu 2013    Hongaria 1 - Republik Ceko 1    UJI
7 Jun 2013    Hongaria 1 - Kuwait 0    UJI
27 Mar 2013    Turki 1 - Hongaria 1    WCQ
23 Mar 2013    Hongaria 2 - Romania 2    WCQ
6 Feb 2013    Hongaria 1 - Belarus 1    UJI


Tag Terkait

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya