Polri: Urusan Rekening Gendut Sudah Selesai

Masalah itu terselesaikan berkat koordinasi dengan PPATK pada 2010 yang menyerahkan hasil analisanya untuk ditindaklanjuti penyelidikan.

oleh Edward Panggabean diperbarui 11 Sep 2013, 15:57 WIB
Polri mengklaim telah menyelesaikan persoalan rekening gendut yang diduga dimiliki sejumlah anggotanya. Persoalan itu terselesaikan berkat koordinasi dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) pada 2010 lalu, yang menyerahkan hasil analisanya untuk ditindaklanjuti dengan penyelidikan.

"Apa yang sudah dilakukan Kompolnas terhadap Polri sudah diklarifikasi. Dia mengatakan hanya melakukan pengecekan dan penelitian terhadap rekening para calon (Kapolri). Jadi bukan berkaitan dengan rekening gendut. Rekening gendut sudah selesai," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Ronny F Sompie di Gedung Mabes Polri, Jakarta, Rabu (11/9/2013).

Namun, saat disinggung mengenai apakah pihak Kompolnas mengungkapkan 3 nama petinggi polri pemilik rekening gendut tersebut? Ronny mengaku tak ada. "Kompolnas tidak memberikan (tiga) nama (calon Kapolri) yang diajukan untuk diserahkan kepada bapak Presiden," ujar dia.

Lebih lanjut Ronny mengatakan, laporan hasil telaah PPATK hanya untuk pengecekan dan penelitian rekening terhadap para calon Kapolri tersebut. Dalam laporan itu disebutkan apakah sang calon itu sudah layak uji penelitian dan pengecekan dari Kompolnas.

Sebelumnya, anggota Kompolnas Adrianus Meleiala saat menyambangi KPK, Senin 9 September 2013 menyebutkan ada 3 jenderal yang diduga memiliki rekening gendut. Meski tak menyebut nama, ketiga nama itu merupakan calon Kapolri. (Ali/Ism)

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya