Museum Nasional Ditutup

Gedung lama Museum Nasional yang menjadi lokasi hilangnya 4 artefak ditutup polisi untuk sementara guna kepentingan penyidikan.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 13 Sep 2013, 18:31 WIB
Penyelidikan atas hilangnya 4 artefak milik Museum Nasional terus dilakukan kepolisian. Guna memperlancar proses penyelidikan, polisi memutuskan untuk menutup sementara gedung lama Museum Nasional.

"Khusus gedung lama ditutup, karena petugasnya kita bawa ke Polres," kata Kepala Satuan Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Tatan Dirsan di Meseum Nasional, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2013).

Belum diketahui sampai kapan penutupan museum ini dilakukan. Kepolisian sejak Jumat pagi terus memeriksa tempat kejadian yang berada di lantai 2 gedung lama.

Saat ini situasi gedung lama Museum Nasional terlihat sepi. Pintu-pintu yang menjadi akses menuju gedung lama juga ditutup.

Hanya terdapat 2 orang petugas keamanan museum yang berjaga. Beda halnya dengan kemarin, yang terdapat belasan petugas keamanan internal museum.

Seperti diberitakan sebelumnya, 3 lempeng emas dan 1 wadah emas koleksi Museum Nasional hilang pada Rabu 11 September lalu. Keempat artefak kuno itu merupakan peninggalan Mataram Kuno berusia 1.000 tahun.

Artefak itu yakni lempengan Naga Mendekam, Bulan Sabit Beraksara, Wadah Bertutup Cepuk, dan Harihara. Semuanya dilapisi dan terbuat dari emas. (Ado/Ism)


Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya