Hatta Jualan Investasi RI ke 400 Pengusaha Besar di Korea

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa hari ini dijadwalkan ke Korea dalam rangka kunjungan kerja selama beberapa hari.

oleh Fiki Ariyanti diperbarui 24 Sep 2013, 17:38 WIB

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa hari ini dijadwalkan terbang ke Korea dalam rangka kunjungan kerja selama beberapa hari. Lalu apa saja misi yang akan dibawa Hatta ke Korea?

Dia mengatakan, target pertama adalah menemui Park Presiden Korea Selatan (Korsel), Park Geun-hye terkait komitmen Bilateral SWAP Agreement (BSA) dan pengembangan investasi di tanah air.

"Saya juga akan bicara di dalam bisnis forum kepada 400 pengusaha besar dan parlemen di Korea dan menyampaikan kebijakan Indonesia untuk menarik investasi," ujar dia di Jakarta, Selasa (24/9/2013).

Hatta mengaku, upaya promosi ini dilakukan untuk mempercepat investasi asing masuk ke Indonesia demi mengurangi defisit transaksi berjalan (current account deficit).

"Saya berharap pengusaha di Korea bisa sesegera mungkin menanamkan modalnya di Indonesia, seperti (bangun pabrik) petrokimia untuk mengurangi defisit," tuturnya.

Di samping itu, Hatta mengaku, Indonesia sudah memperoleh komitmen dari penandatanganan bilateral SWAP dengan beberapa negara, yakni Jepang, Cina dan Korea.

"Kita juga punya Chiang Mai inisiatif yang bisa dimanfaatkan. Artinya second line defence kami sangat cukup dan baik, jadi pokoknya lebih dari cukup lah," ujarnya. (Fik/Nur)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya