Dahlan Tunjuk Mulyono Jadi Dirut Pelindo IV

Menteri BUMN Dahlan Iskan telah menunjuk Mulyono sebagai Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV yang menggantikan Harry Sutanto.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 25 Sep 2013, 14:16 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku telah menunjuk Mulyono sebagai Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV) yang baru menggantikan Harry Sutanto. Mulyono sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan di PT Pelindo IV.

Dahlan menjelaskan Harry Sutanto sudah tidak menjabat lagi sebagai Dirut Pelindo IV dikarenakan kinerjanya yang kurang memuaskan.

"Saya minta Mulyono untuk mengefisienkan operasional. Misalnya apakah di satu pelabuhan lingkungan pelindo IV kurang efisien menanggapi apa betul kurang dermaga apa manajemen operasional yang kurang baik," ungkap Dahlan di Gedung Kementrian BUMN, Jakarta, Rabu (25/9/2013).

Dahlan menilai selama ini Harry kurang bisa menciptakan efisiensi di setiap pelabuhan yang menjadi wilayah kerjanya.

Untuk Mulyono, mantan Dirut PLN itu mengungkapkan telah berdiskusi dengannya untuk memberikan beberapa masukan mengenai apa yang mesti dilakukan sebagai Direktur mengingat Mulyono dasarnya adalah dari bidang keuangan.

"Dirut Pelindo IV mungkin juga orang keuangan, saya panggil khusus dia, saya bilang anda harus mentrasnformasi diri dari keuangan menjadi CEO, harus terjun ke lapangan, melihat detail, jangan melihat dari belakang meja saja,"terangnya.

Dengan diangkatnya Mulyono, orang nomor satu di Kementrian BUMN itu meyakini kedepan Pelindo IV akan jauh lebih baik dari sebelumnya. Hal itu dikatakannya karena selama di Pelindo II Mulyono memiliki track record pekerjaan yang bagus.

"Banyak juga yang sebelumnya jadi Direktur Keuangan menjadi Dirut dan sukses, jadi dia saya harapkan juga berhasil. Jonan (Dirut PT KAI), itu basic-nya kan orang keuangan, tapi kan operasionalnya juga maju. Dirut ASDP, itu kan juga orang keuangan murni tapi juga mampu menagani ASDP," pungkasnya. (Yas/Ndw)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya