Diimbangi China, Jacksen Tiago: Ini Hasil yang Bagus

Dengan hasil imbang ini, Jacksen F Tiago optimistis Timnas Indonesia bisa tampil baik di sisa babak kualifikasi grup C Pra Piala Asia.

oleh Bagusthira Evan Pratama diperbarui 15 Okt 2013, 22:13 WIB

Tim nasional Indonesia harus puas bermain imbang 1-1 melawan China. Tampil tanpa dukungan penuh penonton di Stadion Gelora Utama Bung Karno, Selasa (15/10/2013), Indonesia mampu bangkit setelah tertinggal lebih dulu di babak pertama.

Menanggapi hasil ini, Jacksen F Tiago selaku pelatih Indonesia mengaku puas. Walaupun kurang memuaskan, hasil imbang ini diakuinya bisa jadi cerminan dalam menghadapi sisa pertandingan di babak kualifikasi grup C Pra Piala Asia 2015.

"Kami bersyukur kita bisa dapat poin pertama. Ini laga yang menarik meski jalannya pertandingan sangat mencolok. Tapi kali ini saya bersyukur Tuhan mengijinkan kita untuk bisa meraih poin," ucapnya saat jumpa pers seusai laga.

"Kami sudah melakukan persiapan yang baik. Saya pikir hasil ini bagus untuk perjuangan kita menuju Piala AFC," tambahnya.

Di babak pertama, Indonesia dibuat tak berkutik. China dapat memimpin lewat gol Wu Xi di menit ke-36. Namun pada paruh kedua skuat Merah Putih mampu bangkit. Boaz Solossa sukses membuat gol balasan tepat di menit 80.

"Pada babak pertama, kita menerapkan formasi yang sama seperti saat melawan Filipina. Kita bermain bertahan terlebih dulu karena kita tahu China akan cepat kelelahan karena cuaca yang panas. Lalu kami memanfaatkan itu saat pertandingan memasuki babak kedua," ujarnya.

Ke depan, Jacksen bersama BTN (Badan Tim Nasional) sudah merancang kegiatan uji coba. Rencananya, uji coba itu bakal digelar pada 3 dan 9 November mendatang. Namun sebelumnya, Boaz dan kawan-kawan akan melakukan sesi pelatihan di Batu Malang mulai 23 Oktober.

"Saya sudah bicara dengan pengurus. Jika Tuhan mengizinkan, tanggal 3 dan 9 November kita akan melakukan laga uji coba. Dalam waktu dekat ini, yaitu tanggal 23 Oktober, kita akan melakukan persiapan di Batu," pungkasnya.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya