Korsel Bentuk Satuan Polisi Wisata `Gangnam Style`

Gangnam Style yang dipopulerkan bintang pop Korea Selatan, Psy, kini menjadi inspirasi polisi wisata di negerinya.

oleh Elin Yunita Kristanti diperbarui 16 Okt 2013, 19:05 WIB
Lagunya mendunia, videonya merajai YouTube, jogetnya ditiru orang di penjuru Bumi -- Gangnam Style yang dipopulerkan bintang pop Korea Selatan, Psy, kini menjadi inspirasi polisi wisata di negerinya.

Desainer kostum Psy bahkan menciptakan seragam baru penuh gaya -- jas biru cerah yang ngejreng, celana hitam, kemeja abu-abu, kaca mata hitam, dan tak ketinggalan baret hitam.

Saat diperkenalkan ke publik Senin lalu di Seoul -- lagu khusus dimainkan. Apa lagi kalau bukan Gangnam Style. Para petugas yang baru dilantik pun berjoget bersama, tarian menunggang kuda ala Psy.

Sekitar 100 pria dan perempuan direkrut dibekali pelatihan. Mereka mengeluarkan peringatan pada siapapun, jangan coba-coba memeras turis, atau oknum itu akan berhadapan dengan polisi pariwisata.

Masing-masih petugas akan dilengkapi dengan lencana, untuk menunjukkan bahasa asing yang ia kuasai. Termasuk di antaranya Inggris, Jepang, dan Mandarin.

Foto dok. Liputan6.com


"Wisatawan yang merasa ditagih berlebihan oleh sopir taksi atau penjual kaki lima, bisa datang dan bicara pada kami," kata petugas yang lancar Bahasa Inggris, Park Jae-Hyoung, seperti dimuat Daily Mail, Rabu (16/10/2013).  "Kami akan membantu menyelesaikan masalah."

Sementara, Direktur Korea Tourism Organisation, Lee Charm menegaskan, perekrutan polisi pariwisata bukan karena negara itu tak aman.

"Kalian semua adalah duta yang mempromosikan betapa amannya negara ini," kata dia kepada para polisi wisata. "Sejak saat ini, kalian akan sibuk foto bersama dengan para turis."

Para petugas akan sibuk berbincang dan melayani turis, juga wajib secara otomatis tersenyum di depan kamera yang mengarah ke mereka. Dan karena polisi wisata tak dibekali senjata, mereka akan bekerja sama dengan polisi biasa jika dihadapkan dengan kejahatan atau situasi berbahaya.

Korea Selatan kini jadi destinasi wisata populer dunia. Bahkan, turis yang datang tahun lalu menembus angka 10 juta. Untuk kali pertamanya. Salah satunya berkat 'demam' Gangnam Style. (Ein/Yus)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya