[VIDEO] Pelepasan Puluhan Anak Penyu di Pantai Watu Leter

Demi melestarikan populasi penyu, sejumlah warga di Kabupaten Malang melepas puluhan anak penyu ke laut.

oleh Liputan6 diperbarui 18 Okt 2013, 08:02 WIB
Demi melestarikan populasi penyu, sejumlah warga di Kabupaten Malang melepas puluhan anak penyu ke laut. Aksi itu bertujuan untuk melestarikan keberadaan penyu abu-abu yang kini mulai punah.

Liputan 6 SCTV menayangkan, Jumat (18/10/2013), puluhan anak penyu dilepas sejumlah warga di pantai Watu Leter. Kawasan ini dipilih sebagai lokasi pelepasan penyu karena lingkungan pantai jauh dari hiruk pikuk wisatawan.

Bayi-bayi penyu ini hasil penetasan warga dari sebuah penangkaran penyu yang digerakkan secara swadaya oleh masyarakat. Sebelum dilepas ke habitatnya, generasi penyu abu-abu ini telah berada di dalam penangkaran selama 2 bulan.

Meski menempuh jarak penangkaran ke pantai cukup jauh, warga tetap bersemangat. Karena dengan membantu bayi-bayi penyu ini menyentuh pantai lalu berenang menuju habitatnya di laut lepas, warga turut serta dalam melestarikan satwa ini dan mencegahnya dari kepunahan.

Masih aslinya Pantai Watu Leter membuatnya terpilih untuk menjadi pusat pelestarian penyu dan ekowisata. Dalam waktu dekat, pengunjung bisa melihat dari dekat kehidupan penyu saat menepi dan bertelur di pasir pantai.

Selain itu, pengunjung juga bisa belajar cara menetaskan penyu dan mengembangbiakkannya di kawasan pantai yang lain. (Mut)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya