[VIDEO] Lewat Lagu, Anak-anak Belajar Cuci Tangan dengan Benar

Lewat lagu anak-anak SDN Muara III, Kecamatan Teluk Naga, Tangerang, Banten belajar cara mencuci tangan dengan benar.

oleh Liputan6 diperbarui 20 Okt 2013, 07:35 WIB
Jangan sepelekan hal sederhana seperti mencuci tangan. Karena dengan mencuci tangan, ternyata Anda bisa terhindarkan dari berbagai macam resiko penyakit. Tapi sudah taukah Anda bagaimana cara mencuci tangan yang benar?

Seperti dalam tayangan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (20/10/2013), lewat lagu anak-anak SDN Muara III, Kecamatan Teluk Naga, Tangerang, Banten belajar cara mencuci tangan dengan benar.

Dibimbing sang instruktur, mereka antusias mengikuti sambil menghafalkan gerakan demi gerakan mencuci tangan yang baik dan benar.

Setelah mendapatkan simulasi cara mencuci tangan, sekitar 200 anak-anak SD 3 Muara akan mempraktekkannya. Pertama-tama mereka diajak bermain dengan serbuk warna yang diusapkan pada tangan, sambil melihat pemutaran video tentang kuman.

Puas bermain, mereka langsung mempraktekkan kembali apa yang telah diajarkan sang instruktur. Hasilnya, anak-anak senang dan mulai sadar akan kesehatan.

Yang tak kalah seru, kegiatan ini ditutup dengan membacakan janji cuci tangan. Janji itu mewajibkan anak-anak mencuci tangan, setelah bermain, buang sampah, saat batuk, hingga sebelum makan.

Selama ini, seringkali cuci tangan hanya dilakukan sekedar untuk membasuh tangan dengan air. Padahal diperlukan cara khusus untuk mencegah masuknya kuman dan bakteri melalui tangan.

Sosialisasi cuci tangan yang digagas oleh High Desert International Foundation dilakukan, sekaligus untuk memperingati hari cuci tangan sedunia yang jatuh pada tanggal 15 Oktober lalu. (Tnt)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya