[VIDEO] UNESCO Apresiasi Indonesia Benahi Candi Prambanan

Badan PBB UNESCO mengirimkan utusan untuk melihat keberhasilan pemerintah Indonesia dalam restorasi Candi Prambanan.

oleh Liputan6 diperbarui 30 Okt 2013, 13:16 WIB
Keberhasilan Indonesia mengembalikan keindahan Candi Prambanan yang rusak akibat gempa bumi mendapat pengakuan UNESCO. Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya itu mengirimkan utusan untuk melihat keberhasilan pemerintah Indonesia dalam restorasi Candi Prambanan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (30/10/2013), gempa bumi yang mengguncang Yogyakarta dan sekitarnya pada 2006 silam menyebabkan sejumlah kerusakan di Kompleks Candi Prambanan di Sleman. Bahkan kompleks Candi Siwa yang merupakan candi terbesar di Kompleks Candi Prambanan sempat ditutup selama 6 tahun untuk perbaikan.

Kini kompleks Candi Siwa sudah dibuka untuk umum, namun hanya dibatasi 50 orang per kunjungan. Demi keselamatan, pengunjung juga harus mengenakan helm apabila sewaktu-waktu reruntuhan candi jatuh.

Keberhasilan perbaikan kerusakan Candi Prambanan ini mengundang decak kagum UNESCO. UNESCO pun memfasilitasi sejumlah utusan berbagai negara untuk melihat penanganan Candi Prambanan dari dampak gempa.

UNESCO mencatat, pelestarian warisan budaya belum mendapat perhatian cukup dalam penanganan risiko bencana di sejumlah negara. Namun Indonesia dinilai berhasil menyelamatkan Candi Prambanan sebagai peninggalan bersejarah. (Riz/Sss)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya