Ini Beda Kesehatan Dulu dan Sekarang Kata Menkes

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi melihat pelayanan kesehatan zaman dulu dan sekarang berbeda. Apa ya bedanya?

oleh Fitri Syarifah diperbarui 30 Okt 2013, 14:00 WIB
Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi melihat pelayanan kesehatan zaman dulu dan sekarang berbeda. Apa ya bedanya?

Bila dulu pelayanan kesehatan sangat sulit terjangkau dan fasiltasnya sedikit, tapi tenaga kesehatannya bersatu. Beda dengan sekarang. Rumah sakit banyak, tenaga medis banyak, tapi kurang bersatu.

Begitu disampaikan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi saat acara pembukaan Lokakarya Nasional Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan 2013 yang diadakan di Hotel Acasia, Jakarta, Rabu (30/10/2013).

"Waktu saya jadi menteri, saya keliling Indonesia. Dan saya melihat berbagai hal. Yang menarik mengenai layanan kesehatan adalah dulu, hanya ada sekitar 80 layanan kesehatan primer seperti puskesmas, posyandu dan sebagainya. Ini perannya luar biasa," kata menkes.

Kenapa luar biasa? Karena menurut Nafsiah, ketika ia di NTT (Nusa Tenggara Timur), di dalam 1 kabupaten/kota hanya ada 1 dokter umum dan 1 spesialis. Tapi kerjasama untuk pencegahan penyakit sangat baik.

"Kami punya tenaga kesehatan yang bersedia bersama masyarakat membangun kebersihan dan pencegahan penyakit. Tapi sekarang saya kehilangan. Saya berkarir menjadi dokter sudah 50 tahun ya, dan sekarang sudah banyak fasilitas bahkan dokter menjamur tapi sedikit preventif," jelasnya.

Untuk itu, dalam acara lokakarya, menkes berharap semua orang berbicara tentang sehat. Karena menurutnya upaya pencegahan sangat penting disamping upaya pengobatan.

(Fit/Mel)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya