Samsung Ingin Kuasai Pasar Software

Setelah menguasai ranah hardware, perusahaan asal Korea Selatan itu berencana memperluas kekuasaannya ke ranah software.

oleh Denny Mahardy diperbarui 08 Nov 2013, 08:50 WIB

Samsung telah berhasil mendominasi pasar ponsel dunia. Setelah menguasai ranah hardware, perusahaan asal Korea Selatan itu berencana memperluas kekuasaannya ke ranah software.

Hal itu diungkap Samsung saat konferensi khusus dengan para investor. Pada pertemuan itu, petinggi Samsung memberikan penjelasan yang mendalam seputar perusahaan termasuk strategi terbaru yang akan dilakukan Samsung.

"Kami akan memperkuat kemampuan kami untuk bisa berkompetisi di sisi platform, desain dan IT," kata Lee Sang-hoon, President dan CFO Samsung di hadapan para investor.

Menurut yang dilansir Phone Arena dan dikutip, Jumat (8/11/2013), Lee Sang-hoon juga menyebutkan bahwa perusahaannya telah menyiapkan langkah terpadu untuk mendukung strategi yang sudah ditetapkan.

Antarmuka TouchWiz diklaim sebagai salah satu bukti Samsung mampu membuat software yang mumpuni. Nantinya Samsung akan semakin banyak membawa fitur dan software yang inovatif pada produk buatannya, terutama di jajaran produk andalan.

Samsung sadar agar bisa mencapai keinginannya itu perusahaan harus siap mengeluarkan dana dalam jumlah besar. Samsung sendiri disebutkan telah menyiapkan dana sebesar USD 12 milyar per tahun untuk kebutuhan riset dan penelitian.

Raja pasar ponsel itu mengaku telah memulai strateginya dengan membangun pusat R&D di luar Korea Selatan dan mempekerjakan lebih banyak pengembang software lagi. Hal lain yang ditempuh Samsung agar bisa bersaing di pasar global adalah mengurangi risiko sengketa paten. (den/dew)


POPULER

Berita Terkini Selengkapnya