Tabur Bunga di Makam Mantan Menkes, Alm. Endang Sedyaningsih

Ziarah dan tabur bunga di makam mantan Menteri Kesehatan RI, Endang Rahayu Sedyaningsih mengawali rangkaian kegiatan di HKN.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 08 Nov 2013, 11:35 WIB
Ziarah dan tabur bunga di makam mantan Menteri Kesehatan RI, Endang Rahayu Sedyaningsih mengawali rangkaian kegiatan untuk memeringati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-49 tahun 2013.

Sejumlah pejabat di jajaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia itu berziarah di Kompleks Pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat.

Acara tabur bunga dan ziarah pagi ini dipimpin oleh Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P, MARS, DTM&H, DTCE.

Dalam sambutannya Tjandra Yoga mengatakan, sudah sepatutnya sebagai pewaris bangsa yang besar, setiap individu menghargai pengorbanan para pendahulu kita.

"Kita menghargai perjuangan, kejuangan, dan pengabdian mereka yang selalu bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas, dan bekerja tuntas. Tidak lupa bahu membahu dengan seluruh komponen bangsa untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang sehat, sejahtera, produktif, dan berdaya asing," kata Prof. dr. Tjandra Yoga di Pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, Jumat (8/11/2013)

Almarhumah Endang Rahayu Sedyaningsih meninggal dunia pada Rabu, 2 Mei 2012 pukul 11.41 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Saat itu, Endang sendiri masih menjabat sebagai Menteri Kesehatan RI periode 2009 - 2014.

Seperti diketahui, wanita kelahiran Jakarta, 1 Februari 1955 ini berpulang setelah berjuang melawan penyakit kanker paru yang terdeteksi pada Oktober 2010. Sejak saat itu, Endang menjalani pengobatan baik di dalam maupun di luar negeri selama lebih kurang 1,5 tahun. Pengobatan yang pernah dijalaninya, radiasi lokal dan bedah beku untuk mengobati kanker secara lokal serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Yang paling diingat oleh para pejabat Kemenkes RI adalah meski menjalani pengobatan, Endang tetap semangat menjalankan tugas-tugas Kementerian selaku Menteri Kesehatan.

Selain di Kompleks Pemakaman San Diego Hills, ziarah dan tabur bunga juga dilakukan di Taman Makan Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS.

(Adt/Mel/*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya