[VIDEO] Scanner 3D Mungil Yang Menakjubkan

3D System selaku penyedia produk 3D printer memperkenalkan 3D scanner bernama Sense 3D Scanner dengan harga yang terjangkau.

oleh Iskandar diperbarui 10 Nov 2013, 13:10 WIB
Setahun belakangan ini banyak printer tiga dimensi (3D) dengan teknologi baru hadir di pasaran. Sejak perangkat ini menjadi lebih terjangkau, banyak orang yang berlomba-lomba untuk memilikinya.

Namun sayangnya, 3D scanner yang digunakan sebagai pendukung 3D printer masih mahal. Nah, baru-baru ini 3D System selaku penyedia produk 3D printer memperkenalkan 3D scanner bernama Sense 3D Scanner dengan harga yang terjangkau yaitu sekitar US$ 400 atau Rp 4,5 jutaan.

Dalam video yang diunggah baru-baru ini, terlihat seorang wanita tengah memindai seluruh anggota tubuh kedua orang temannya yang tengah menggelar pesta pernikahan dengan menggunakan perangkat ini.

Hasil scan-nya lalu digunakan untuk membuat karakter (patung) mini sebagai pelengkap kue pernikahan mereka. Video berdurasi 1 menit 19 detik ini juga menampilkan bagaimana Sense 3D Scanner bekerja. Mulai dari memindai bentuk fisik ke format digital hingga mampu menghasilkan karya cetak 3D melalui 3D printer.

Menurut yang dilansir Ubergizmo, Minggu (10/11/2013), 3D scanner mungil ini terbilang murah jika dibandingkan dengan desktop 3D scanner besutan Digitizer Makerbot dengan harga retail US$ 1.400 atau Rp 15 jutaan.

Namun sayangnya, Sense 3D Scanner hanya kompatibel dengan perangkat Windows. Jadi bila Anda ingin melakukan pemindaian dengan cara yang lebih efisien, ada baiknya menggunakan perangkat Windows yang ringan, seperti Microsoft Surface 2 atau ultrabook. (isk/dew)



POPULER

Berita Terkini Selengkapnya