Microsoft Rugi USD 2 Miliar per Tahun, Semua Karena Xbox

Divisi Xbox diklaim 'menyumbang' hampir seluruh kerugian yang dialami Microsoft dengan angka mencapai USD 2 miliar.

oleh Adhi Maulana diperbarui 11 Nov 2013, 13:22 WIB

Rencana CEO Nokia Stephen Elop untuk menyingkirkan divisi konsol Xbox jika terpilih sebagai CEO baru Microsoft tampaknya cukup beralasan. Sebab menurut seorang analis bernama Rick Sherlund asal lembaga riset Nomura, divisi Xbox telah membuat Microsoft rugi sebesar USD 2 miliar per tahunnya.

Menurut yang dilansir laman Escapist Magazine, Senin (11/11/2013), Sherlund telah menghitung dan mendapatkan hasil bahwa Microsoft merugi sekitar USD 2,5 miliar per tahunnya. Divisi Xbox diklaim 'menyumbang' hampir seluruh kerugian tersebut dengan angka mencapai USD 2 miliar.

Sementara sisa kerugian disumbangkan oleh biaya operasional dan pengembangan sistem operasi Windows Phone, serta mesin pencari Bing.

Sherlund juga menjelaskan, untungnya kerugian ini bisa dibuat impas dengan keuntungan berlimpah yaitu sebesar USD 2 miliar yang dibayarkan oleh Google.

Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, sejumlah paten milik Microsoft ternyata digunakan Google untuk mengembangkan sistem operasi Android. Dengan begitu, Google wajib membayar royalti paten pada Microsoft tiap tahunnya.

Di sisi lain, Microsoft sendiri akan merilis generasi terbaru konsol Xbox One pada tanggal 22 November mendatang. Jika benar Elop terpilih dan divisi Xbox disingkirkan. Bagaimana dengan nasib konsol Xbox One? Patut ditunggu perkembangan beritanya. (dhi/dew)


Baca juga:

Bisnis Bing dan Konsol Xbox Bakal Disingkirkan
Android 'Sumbang' USD 2 Milyar Untuk Microsoft

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya