Hidup Bersih dan Sehat Harus Jadi Budaya Orang Indonesia

Kemenkes ingin Indonesia Cinta Sehat yang dijabarkan dalam pola hidup bersih dan sehat, benar-benar menjadi budaya di lingkungan masyarakat

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 12 Nov 2013, 12:04 WIB
Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-49 tahun 2013 yang mengambil tema Indonesia Cinta Sehat, ada dua hal yang menjadi perhatian penting Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Apa sajakah itu?

Sekretarias Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Supriyantoro, Sp.P,MARS, menjelaskan bahwa Kemenkes ingin Indonesia Cinta Sehat yang dijabarkan dalam pola hidup bersih dan sehat, benar-benar menjadi budaya di lingkungan masyarakat Indonesia.

"Di mana pola hidup seperti ini, dimulai sejak di masa kandungan, dan bertahap sampai mereka tumbuh menjadi remaja dewasa dan seterusnya," kata dr. Supriyantoro di Ruang Maharmodjono, Gedung Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta, ditulis Selasa (12/11/2013)

Selain itu, menjelang terselenggaranya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang jatuh pada 1 Januari 2014, diharapkan menjadi salah satu persiapan akhir, di mana Kemenkes akan melakukan monitoring di seluruh wilayah Republik Indonesia.

Tidak hanya itu, Kemenkes juga akan memastikan bahwa masyarakatnya mengerti bagaimana JKN itu, apa manfaatnya, kewajiban, dan persiapannya, serta kendala-kendala yang akan dihadapi.

"Karena tidak mungkin pada 1 Januari 2014 semuanya beres. Pasti ada kendala, dan kendala itu dapat diatasi," kata Supriyantoro menambahkan.

(Adt/Abd)
Foto dok. Liputan6.com

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya