Pesan di BBM Android-iOS Sering Delay?

Seringnya terjadi delay ketika mengirim pesan menjadi salah satu alasan komunikasi via BBM di Android dan iOS terasa belum optimal.

oleh Denny Mahardy diperbarui 12 Nov 2013, 14:55 WIB

BlackBerry Messenger (BBM) telah resmi tersedia untuk perangkat berbasis Android dan iOS sejak akhir bulan lalu. Sayangnya, sebagian orang mengaku masih belum bisa merasakan kualitas komunikasi yang optimal dari BBM di platform non-BlackBerry tersebut.

Seringnya terjadi delay ketika mengirim pesan menjadi salah satu alasan komunikasi via BBM di Android dan iOS terasa belum optimal menurut sejumlah pengguna.

"BBM di Android masih sering delay, jadi saya masih lebih memilih pakai WhatsApp buat berkomunikasi kecuali sama teman-teman yang memang hanya pakai BBM," kata Adinda, karyawan swasta kepada Tim Tekno Liputan6.com.

Namun, lain lagi yang dirasakan oleh Inda, seorang sekretaris perusahaan swasta di Jakarta Timur. Ia mengaku bahwa aplikasi BBM yang berjalan di ponsel Android miliknya berjalan lancar.

"Normal kok, lancar-lancar aja kayanya gak ada delay," kata Inda yang Tim Tekno Liputan6.com hubungi melalui BBM di Android.

Inda mengaku memang kadang pesan BBM-nya menyangkut alias delay. "Tapi kayanya itu karena sinyal deh, soalnya kalau lagi delay biasanya pas di tempat yang sinyalnya jelek," singkap Inda.

Hal serupa juga dirasakan oleh Adhi yang menggunakan BBM di iPhone 5 miliknya. Ia mengaku komunikasi yang dilakukan menggunakan BBM berjalan lancar. "Lancar kok, gak ada delay selama saya pakai BBM di iPhone 5," ungkapnya.

Saat ini aplikasi BBM sudah dipakai lebih dari 60 juta di seluruh dunia. Aplikasi populer itu bisa mendapat tambahan 20 juta pengguna baru dalam satu pekan sejak tersedia secara resmi untuk pengguna Android dan iOS. (den/dhi)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya