Istri Jokowi-Ahok Ajak Sosialita Solo-Surabaya Belanja di Blok G

Belakangan, para mantan pedagang kaki lima (PKL) yang kini berjualan di Blok G mengeluhkan sepinya pembeli.

oleh Luqman Rimadi diperbarui 13 Nov 2013, 12:36 WIB
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengajak puluhan ibu yang tergabung dalam Perhimpunan Ratna Busana Surabaya dan Solo ke Pasar Blok G Tanah Abang, Jakarta Pusat. Jokowi ingin para ibu-ibu berbelanja membeli berbagai produk yang dijual oleh para eks pedagang kaki lima (PKL) Tanah Abang.

"Ya, setelah dari sini (Waduk Pluit), kita mau ajak ibu-ibu ke Blok G, ajak belanja," ujar Jokowi di Waduk Pluit, Jakarta Utara, Rabu, (13/11/2013).

Setibanya di Tanah Abang, Jokowi, Iriana, dan istri Wakil Gubernur Basuki T Purnama atau Ahok, Veronica Tan, langsung menuju ke lantai 2 Blok G. Begitu juga dengan para ibu-ibu sosialitas Solo-Surabaya ini.

"Ini biar ibu-ibu di sini belanja, dilihat-lihat dulu saja," ujar Iriana di Blok G, Rabu (13/11/2013).

Veronica pun tak ketinggalan. Ia juga mendorong para ibu-ibu yang merupakan pengusaha di bidang tekstil dan busana itu untuk berbelanja Blok G. "Ini bisa dilihat-lihat dulu, Bu," kata wanita yang biasa disapa Vero itu.

Kedatangan 2 wanita itu tidak hanya menarik para sosialita itu untuk berbelanja, namun juga menarik perhatian para pedagang Blok G. Biasanya mereka hanya bertemu dengan Jokowi. Beberapa pedagang bahkan beramai-ramai menghampiri Iriana dan meminta foto bersama.

Sementara itu, para sosialita Solo dan Surabaya tersebut sibuk berkeliling Blok G melihat-lihat dan berbelanja produk yang dijual di Blok G. "Ini lumayan murah-murah, untuk oleh-oleh ke Solo," ujar salah seorang ibu.

Belakangan, para mantan PKL yang kini berjualan di Blok G mengeluhkan sepinya pembeli. Inilah yang membuat mereka akhirnya menutup kios. Tempat lain dirasa lebih menjanjikan daripada Blok G.

"Sekitar 1 bulan ini, para pedagang lain sudah banyak yang menutup dagangannya," kata Ali, seorang pedagang di Blok G Pasar Tanah Abang, Selasa 12 November kemarin. (Yus/Ism)

[baca juga: Selain Sepi, Blok G Tanah Abang Rawan Pencurian]

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya