Anime Ini Masuk Nominasi Asia Pacific Screen Awards di Australia

Penghargaan film bertema Asia Pacific Screen Awards menyebutkan dua judul anime yang masuk nominasi, The Wind Rises dan Patema Inverted.

oleh Rully Riantrisnanto diperbarui 14 Nov 2013, 18:00 WIB
Sebuah penghargaan film di Australia bertema Asia Pacific Screen Awards menyebutkan beberapa judul nominasinya yang diumumkan pada 12 Desember 2013 lalu. Ajang tahunan yang sudah mencapai acara ke-7 ini, ditujukan untuk perayaan 12 Desember 2013 mendatang.

Salah satu judul yang masuk ke dalam nominasinya adalah film ke-11 sekaligus terakhir arahan Hayao Miyazaki, The Wind Rises (Kaze Tachinu). Film ini merupakan anime garapan Studio Ghibli yang mengambil tokoh nyata Jiro Horikoshi sebagai karakternya.

Selain The Wind Rises, terdapat juga judul anime lainnya yang masuk nominasi, yaitu Patema Inverted (Sakasama no Patema). Film ini juga baru saja tayang dengan tema kehidupan di dunia bawah tanah.

Kedua film tersebut menerima nominasi untuk kategori Best Animated Feature Film. Khusus The Wind Rises, anime ini juga baru saja mendapat tempat di Academy Award ke-86 dalam kategori Animated Feature Film dan Golden Globe Awards ke-71 dalam kategori Best Foreign Language Film.

Sementara itu, Patema Inverted juga pernah meraih penghargaan, yaitu dalam Judge's Award dan Audience Award dalam Festival Animasi Scotland Loves di Edinburgh.

Dalam Asia Pacific Screen Awards, The Wind Rises dan Patema Inverted akan bersaing dengan Sa-i-bi (The Fake, Republik Korea) arahan Cho Young-kag; Koo! Kin-Dza-Dza (Rusia) arahan Sergey Selyanov, Leonid Yarmolnik, Yuri Kushnerev, Oleg Urushev, dan Konstantin Ernst; dan Goopi Gawaiya Bagha Bajaiya (The World of Goopi and Bagha, India) arahan Masyarakat Film Anak-anak.

Tahun lalu, anime A Letter to Momo arahan Hiroyuki Okiura memenangkan Asia Pacific Screen Awards kategori Best Animated Feature. Sebelumnya, Jepang juga pernah bangga dengan kemenangan anime 5 Centimeters Per Second pada 2007 lalu.(Rul)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya