Samovar, Teh Hangat Campur Selai, Sajian Tamu di Rusia

Ada yang sama saat seorang tamu datang, di Rusia seorang tamu diberi teh hangat. Namun, bukan dengan gula melainkan selai

oleh Fitri Syarifah diperbarui 15 Nov 2013, 14:00 WIB
Tradisi minum teh di Rusia rupanya mirip dengan yang dilakukan masyarakat di Indonesia, yakni menjamu teh hangat saat ada tamu. Tapi yang unik, orang Rusia tidak menggunakan gula untuk menambahkan rasa melainkan menggunakan selai.

Seperti dikatakan pendiri komunitas pecinta teh, Ratna Soemantri, ketika berada di negeri Terali Besi ini, Anda akan disuguhi teh dengan selai.

"Bila Anda bersedia minum teh menggunakan selai, ini berarti Anda sudah diterima di keluarga bersangkutan," kata Ratna saat acara pengenalan teh dari dalam dan luar negeri PT Gunung Subur di Moe's Place, Kemang, Jakarta dan ditulis Jumat(15/11/2013).

Tradisi seperti ini memang sudah biasa untuk menghormati tamu. Ratna menjelaskan, orang Rusia menyebut tradisi teh ini adalah samovar.

"Samovar itu juga termasuk perangkat khusus minum teh. Bentuknya seperti dispenser, tapi tampilannya cantik khas Rusia. Cara penggunaannya juga unik. Cukup tempatkan teko berisi air panas di atasnya dan tuang teh dari kerannya. Biasanya mereka menggunakan teh hitam. Nanti setelah dituang di cangkir, baru ditambai selai," kata Ratna

Ratna menambahkan, dengan perangkat cangkir ini, orang di Rusia biasanya paling senang minum teh di musim dingin di luar ruangan.

(Fit/Abd)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya