Wanita Ingin Kecilkan Payudaranya Tunda Dulu Jika Ingin ASI

Wanita yang ingin kecilkan payudaranya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

oleh Melly Febrida diperbarui 21 Nov 2013, 19:00 WIB
Operasi pengecilan payudara katanya bisa mengurangi risiko kanker payudara.  Namun, wanita yang ingin kecilkan payudaranya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Berikut beberapa kondisi yang mungkin terjadi setelah operasi pengecilan payudara

1. Puting mati rasa

Profesor Operasi Plastik di Duke University Medical Center Michael Zenn, MD, menjelaskan, operasi pengecilan payudara jauh dari risiko serius. Tapi, terkadang operasi ini berisiko mengalami `puting mati rasa`, yakni kurangnya sensitivitas dan penurunan respons seksual.

"Operasi itu sendiri dirancang untuk melindungi pasokan saraf dan sensasi, tetapi ada variasi dalam anatomi pribadi yang tidak bisa Anda jelaskan, " kata Zenn kepada WebMD, Kamis (21/11/2013).

Namun, Ahli Bedah Kosmetik Bethannie Snodgrass, MD, mengingatkan kebanyakan wanita mengalami mati rasa puting akibat ukuran payudara dan dia payudaranya bisa sensitif lagi setelah operasi.

"Ini benar, sebagian besar wanita sangat senang dengan kehebatan operasi ini secara keseluruhan, dan puting mati rasa biasanya bukan masalah besar," ujar Snodgrass.

2. Pasokan susu berkurang

Jika Anda berpikir menyusui setelah operasi pengecilan payudara, dokter mengatakan itu bisa terjadi asalkan puting tak dihilangkan dan direposisi.

Dokter juga mengingatkan, ada penurunan yang signifikan dalam pasokan susu setelah operasi pengecilan payudara dan beberapa wanita mengalami tak bisa memberi ASI sama sekali.

"Jika seorang wanita benar-benar berkomitmen ingin menyusui anak-anaknya, maka saya selalu menyarankan ia menunda operasi pengecilan payudara sampai selesai melahirkan," kata Snodgrass.

(Mel/*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya