Rahmad Darmawan Kaget dengan Formasi Laos

Rahmad Darmawan terkejut dengan permainan yang dipergakan Laos di awal-awal pertandingan.

oleh Ulul Azmi diperbarui 21 Nov 2013, 23:19 WIB
Timnas Indonesia U-23 memetik hasil manis pada pertandingan perdana MNC Cup 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis malam (21/11/2013). Tim asuhan Rahmad Darmawan (RD) tersebut, menggasak Laos U-23 dengan skor 3-0. Tiga gol Indonesia disumbang Rizki Ramdani Lestaluhu, Andik Vermansah dan Alfin Ismail Tuasalamony.

Coach RD merasa puas dengan hasil yang diraih anak-anak asuhnya. Namun, RD mengaku sempat terkejut dengan permainan yang dipergakan tim lawan di awal-awal pertandingan.

"Jujur, saya terkejut dengan formasi yang diterapkan Laos. Mereka menggunakan 3-4-2, dimana kami belum pernah menemui lawan yang menggunakan formasi tersebut pada uji coba sebelumnya," kata pelatih berusia 50 tahun itu, usai pertandingan

"Jadi kami cukup kewalahan di babak pertama. Namun, secara cepat saya langsung sedikit merubah strategi permainan dan memakai formasi 4-2-2, dimana sebelumnya kami menggunakan 4-2-3-1. Setelah itu kami mampu mengatasu situasi dengan mudah," sambungnya.

Laga Indonesia kontra Laos berlangsung seru. Di babak pertama, Indonesia hampir kecolongan jika saja eksekusi penalti lawan tidak melenceng ke kanan gawang Kurnia Meiga.
Namun, jelang turun minum, Indonesia akhirnya mengecap hasil manis. Setelah terus memberi tekanan kepada Laos, Indonesia akhirnya berhasil membobol gawang Laos.

Indonesia mendapat keunggulan pertamanya setelah umpan matang Andik dari sektor kiri pertahanan Laos mampu dikonversi oleh Ramdani Lestaluhu dengan menyontekan bola ke gawang Laos yang dijaga oleh Chintana Souksavath.

Di babak kedua permainan Indonesia semakin berkembang, hingga akhirnya berbuah dua gol yang diciptakan Andik Vermansah dan Alfin Ismail Tuasalamony pada menit 74 dan 78.

Besok, Indonesia akan bertemu Papua Nugini yang di laga sebelumnya takluk dari Maladewa dengan skor 0-1.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya