Benda Diduga Bom Ditemukan di Dekat Kedubes AS

D dalam kotak yang ditemukan itu ditemukan detonator dan rangkaian kabel.

oleh Widji Ananta diperbarui 05 Des 2013, 18:36 WIB
Benda mencurigakan yang diduga sebagai bom ditemukan di samping Kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Benda itu ditemukan oleh penjual kopi keliling.

"Ditemukan kotak abu-abu di samping tembok, di bawah jalan layang di samping Kedubes AS," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto di Jakarta, Kamis (5/12/2013).

Dua pedagang kopi keliling yang menemukan benda itu, Sauri dan Baini, kemudian melihatnya. Bahkan Baini sempat membuka kardus yang mencurigakan itu.

"Dan melihat di dalamnya ada benda panjang sekitar 20 centimeter dilapis lakban kuning dan ada kabel warna kuning, biru, dan merah," tutur dia.

Rikwanto menambahkan, karena curiga, kedua pedagang kopi itu melaporkannya ke anggota Brimob Polda Metro Jaya yang sedang bertugas di Kedubes AS itu. Pada pukul 16.00 WIB, tim Gegana tiba di lokasi penemuan benda itu kemudian mengamankannya.

"Di dalam kotak tersebut ada rangkaian detonator dan akan dilakukan diceraiberaikan terlebih dahulu dengan discruptor. Jam 16.45 WIB dilakukan disposal atau diledakkan," tutur Rikwanto. (Eks/Yus)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya