Tanggal Cantik 11-12-13, 4 Bayi Lahir di RS Persahabatan Jakarta

Tak hanya di India, tanggal cantik yang menyusun angka berurut 11-12-13 juga dijadikan tanggal kelahiran buah hati di Indonesia.

oleh Ahmad Romadoni diperbarui 11 Des 2013, 15:24 WIB
Ada yang berbeda dengan Rabu pekan kedua Desember. Jika ditelisik, tanggalnya menyusunkan angka berurut, yakni 11-12-13. Bagi sebagian orang, tanggal itu dianggap unik dan cantik. Sehingga tak sedikit yang menggunakannya untuk tanggal kelahiran sang buah hati, seperti yang marak terjadi di India.

Dokter Anak RS Persahabatan dr Yuli Kasih pun membeberkan, tanggal nan cantik itu ada 4 bayi lahir. Keempatnya lahir melalui proses caesar.

"Total hari ini 4 bayi lahir. Semuanya melalui proses caesar," kata Yuli saat ditemui di ruangannya di RS Persahabatan, Jakarta Timur, Rabu (11/12/2013).

Menurut Yuli, dari 4 bayi yang dilahirkan, 2 di antaranya memang sudah dijadwalkan untuk melahirkan pada tanggal cantik. Sedangkan 2 bayi lainnya terpaksa dilahirkan hari ini karena kondisinya dalam keadaan darurat. Harus segera dilahirkan atau membahayakan ibu dan bayinya.

"2 Bayi memang sudah dijadwalkan melahirkan hari ini, semua dalam kondisi sehat. Tapi 2 lagi lahir karena ada keadaan darurat. 1 Bayi masih dalam observasi karena air ketubannya sudah berubah warna," lanjutnya.

Kendati demikian, Yuli tidak mengetahui persis apakah tanggal persalinan itu sengaja disiapkan oleh orangtua atau tidak. Sebab sepengetahuannya, penjadwalan dilakukan oleh dokter kandungan.

"Kalau itu saya tidak tahu, karena dokter kandungan yang mengatur. Dokter biasanya punya pertimbangan layak atau tidak untuk dilahirkan, lalu dilihat juga jadwal kamar operasinya kosong atau tidak. Mungkin pas jadwalnya kosong, jadi bisa bersalin hari ini," tandas Yuli. (Tnt/Sss)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya