Resep Panjang Umur Aan Iroh, Wanita Usia 131 Tahun

Aan Iroh, wanita yang lahir 131 tahun lalu ini membeberkan rahasia panjang umurnya kepada Health-Liputan6.com di Bandung, Jawa Barat.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 13 Des 2013, 12:30 WIB
Memiliki kesempatan untuk hidup lebih lama seperti Aan Iroh, wanita yang lahir 131 tahun lalu ini bukan hal yang biasa. Tak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia. Dengan batuan sang cucu, wanita tua ini menuturkan rahasia panjang umurnya kepada Health-Liputan6.com di Bandung, Jawa Barat.

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dalam keseharian si nenek. Setiap harinya ia makan seperti biasa dengan nasi dan lauk ala pedesaan seperti tahu atau tempe. Satu hal yang tidak ia sukai, bubur, karena menurutnya terlalu cair. Sementara untuk minum, Aan paling senang minum air putih. Hanya sesekali ia minum kopi dan susu kental manis.

"Banyak minum air putih yang hangat. Kalau makan, saya lebih suka makan dengan sambal oncom, kerecek tahu dan tempe," tutur wanita kelahiran Garut 4 Januari 1882, seperti ditulis Jumat (13/12/2013).

Satu hal yang cukup unik dari kebiasaan si nenek ketika sakit dan merasa tidak enak badan, ia gemar mandi air dingin. Bagi kebanyakan orang, tentu hal ini sangat aneh. Namun tidak bagi Aan Iroh. "Tidak mau mandi pakai air hangat meskipun disini (di Bandung) udaranya dingin. Nggak enak," jelasnya.

Meski sudah lewat seratus tahun Aan mengaku jarang ke dokter bila sakit. Kecuali bila ia sudah merasa sakit parah dan tidak bisa bergerak. Untungnya hal ini pun jarang dia alami.

(Fit/Abd)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya