Fans Albion Inginkan Mantan Arsitek Schalke

Hasil polling menunjukkan sebagian fans West Bromwich menginginkan mantan arsitek Schalke, Ralf Rangnick, sebagai suksesor Steve Clarke.

oleh Liputan6 diperbarui 17 Des 2013, 11:27 WIB
Kekalahan tipis 0-1 dari Cardiff City pada Sabtu, 14 Desember 2013, lalu merupakan hasil buruk kali keempat secara berturut-turut yang dipetik West Bromwich Albion. Wajar, jika posisi klub langsung terjun bebas dan hanya unggul dua angka dari zona degradasi yang ditempati tim promosi Crystal Palace.

Tak mau melihat The Baggies, julukan West Bromwich, kian terpuruk, beberapa jam kemudian, manajemen klub di bawah kendali Chairman Jeremy Pearce memutuskan mendepak Steve Clarke dari jabatannya sebagai manajer tim. Untuk sementara, sampai batas waktu yang belum ditentukan, kendali tim senior ditangani caretaker Keith Downing.

Menyusul pemecatan Clarke, muncul spekulasi yang mengaitkan sejumlah nama pelatih atau manajer dengan kursi lowong yang ditinggalkan mantan asisten Jose Mourinho tersebut. Guna mencari tahu opini fans Albion, Birmingham Mail menggelar polling atau jajak pendapat. Hasilnya, mantan bos Schalke Ralf Rangnick dan mantan striker Manchester United Ole Gunnar Solksjaer berada di posisi terdepan.

Sebanyak 23 persen suara fans jatuh pada Rangnick, 55 tahun, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Sport Red Bull Salzburg dan RB Leipzig. Rangnick hanya unggul 1 persen suara ketimbang Solksjaer yang kini menangani Molde. Di posisi ketiga bercokol mantan asisten Sir Alex Ferguson, Mike Phelan, yang mendapat 10 persen suara.

Nama-nama pelatih lainnya yang muncul dalam polling adalah asisten Carlo Ancelotti di Real Madrid, Paul Clement (8 persen), diikuti manajer Blackburn Rovers Michael Appleton dan mantan bos Fulham Martin Jol yang sama-sama mendulang 7 persen, eks manajer Chelsea Roberto Di Matteo (5 persen), dan manajer Cardiff City Malky Mackay.

Sementara itu, menyusul pengunduran dirinya dari tongkat kepelatihan di Watford, mantan idola fans Chelsea asal Italia, Gianfranco Zola, dikabarkan juga masuk dalam daftar kandidat yang ditimbang Pearce.(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya