Minim Tombol, Aplikasi Browser Opera Janjikan Pengalaman Unik

Aplikasi browser baru yang dirilis Opera ini dikhususkan bagi pengguna tablet buatan Apple, yaitu iPad

oleh Denny Mahardy diperbarui 17 Des 2013, 16:00 WIB

Saat ini aplikasi browser semakin banyak bertebaran di antara para pengguna perangkat mobile. Opera merupakan salah satu perusahaan pembuat aplikasi penjelajah maya yang masih bertahan di kerasnya persaingan segmen pasar browser.

Setelah beberapa waktu lalu meluncurkan aplikasi browser Opera mini untuk perangkat Android, perusahaan asal Oslo, Norwegia itu kembali menyediakan sebuah produk browser terbaru. Hanya saja, browser baru yang dirilis Opera ini dikhususkan bagi pengguna tablet buatan Apple, yaitu iPad.

Diberi nama Coast, aplikasi browser anyar dari Opera ini bisa dinikmati pengguna keluarga besar iPad. "Mulai dari iPad 2, iPad 3, iPad 4, iPad mini, iPad Air dan iPad mini Retina Display bisa menikmati aplikasi ini," kata Huib Kleinhout, Head of Coast Project, Opera Software.

Huib mengklaim aplikasi buatannya itu menjanjikan pengalaman yang spesial bagi para pengguna iPad. Demi menyediakan pengalaman yang ciamik di Coast, Huib bersama timnya membuatnya navigasi minim tombol seperti iPad yang hanya memiliki sebuah tombol home di bagian muka.

Penggunanya bisa menavigasi aplikasi ini dengan cara sapuan kiri ke kanan, bawah ke atas maupun sebaliknya kala menggunakan Coast. Sayangnya, minimnya tombol membuat beberapa fitur seperti setting dan bookmark harus hilang dari Coast.

"Saat ini kami belum menyediakan fitur setting maupun bookmark di Coast. Tapi, mungkin saja fitur itu ada di generasi Coast selanjutnya," kata Huib saat dijumpai tim Tekno Liputan6.com di Penang Bistro, Jakarta, Selasa (17/12/2013).

Huib juga menjelaskan secara global Coast telah tersedia sejak tiga bulan lalu. Aplikasi ini kini telah menempati posisi top 5 di toko aplikasi iTunes untuk iPad. "Kami berharap jumlah pengguna Coast akan terus bertambah. Pengalaman yang ada di Coast akan kami perbaiki terus sesuai dengan kebutuhan penggunanya," tutup Huib. (den/dhi)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya