Ratusan Bekas Anggota GAM Dipulangkan

Ratusan bekas anggota GAM yang sudah enam bulan menjalani pembinaan di pusat pembinaan di Reuleut, Kecamatan Dewantara, dipulangkan ke desa masing-masing. Mereka dibekali uang Rp 1 juta lebih.

oleh Liputan6 diperbarui 11 Mei 2004, 19:05 WIB
Liputan6.com, Reuleut: Sebanyak 633 bekas anggota Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang sudah enam bulan menjalani pembinaan di pusat pembinaan di Reuleut, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, dipulangkan ke desa masing-masing, Selasa (11/5). Kepulangan mereka disaksikan Penguasa Darurat Militer NAD Mayor Jenderal TNI Endang Suwarya, Panglima Komando Operasi Brigadir Jenderal TNI George Toisutta, Wakil Gubernur Anwar Abu Bakar, dan Bupati Aceh Utara Tarmizi Karim.

Ratusan warga binaan yang berasal dari sejumlah kabupaten di wilayah Komando Resor Militer 011 Lilawangsa ini, masing-masing dibakali uang Rp 1 juta lebih. Mereka juga dibekali berbagai keterampilan. Selain berbagai ketrampilan, mereka pun mendapatkan pembinaan mental, ideologi dan wawasan kebangsaan.

Dua bulan silam, 180 bekas GAM yang dibina di Lembaga Pemasyarakatan Meulaboh, Aceh Barat, sudah dipulangkan. Walau sudah bebas, aktivitas mereka tetap dipantau. Sebagian besar dari mereka berasal dari Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Jaya, dan Aceh Barat Daya. [baca: Ratusan Bekas Anggota GAM Dikembalikan ke Masyarakat].(ICH/Muhammad Nasier dan Muhamadan)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya