Djokovic dan Serena Kuasai 2013, Murray Cetak Sejarah

Berbagai peristiwa penting terkait turnamen tenis internasional menjadi catatan istimewa sepanjang 2013. Novak Djokovic menggeser Federer.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 20 Des 2013, 07:15 WIB
Novak Djokovic menutup tahun 2013 dengan manis. Petenis Serbia tersebut menyabet gelar juara ATP World Tour Finals usai mengalahkan Roger Federer pada partai puncak di Arena O2, London, Inggris, 13 November. Pencapaiannya itu seolah melengkapi keberhasilan menjadi petenis nomor satu dunia menggeser Federer.

Di bagian putri, petenis asal Amerika Serikat Serena Williams menjadi yang terbaik. Tersingkir pada putaran keempat Australia Terbuka, namun kemudian Serena menjadi juara di turnamen di Charleston dan Madrid. Setelah itu, dia nyaris tidak terhadang lagi di berbagai turnamen. 

Petenis berbadan kekar tersebut telah membukukan 48 kemenangan dari 50 pertandingan. Serena pun terpilih sebagai petenis putri terbaik dunia 2012 versi Asosiasi Tenis Dunia (WTA).

Bagaimana peta tenis dunia di 2013? Inilah catatan berbagai peristiwa turnamen tenis internasional yang penting sepanjang 2013:




1. Brisbane International: Murray-Serena Awali 2013 dengan Gelar

Kejuaraan tenis dibuka dengan turnamen Brisbane International di Australia 31 Desember 2012 hingga 6 Januari 2013. Di putra, Andy Murray menjadi yang terbaik. Petenis asal Skotlandia itu mengalahkan Grigor Dimitrov dengan skor 6-3, 5-7, dan 7-6 (5).

Sementara di bagian putri, Serena Williams tampil sebagai juara. Petenis putri berotot asal Amerika Serikat itu mengalahkan Anastasia Pavlyuchenkova asal Rusia pada partai puncak. Kalah di set pertama 4-6, Serena berbalik merebut dua set berikutnya dengan skor 6-1 dan 6-2.




2. Australia Open: Djokovic Cetak Sejarah, Azarenka Pertahankan Gelar

Novak Djokovic mencetak sejarah dengan menjadi petenis putra pertama yang sukses menjuarai Australia Terbuka tiga kali beruntun di era profesional. Djokovic menjadi juara setelah mengalahkan Andy Murray di final. Bertanding di Rod Laver Arena, 27 Januari, Djokovic harus bermain empat set melawan petenis Inggris Raya itu sebelum akhirnya menang 6-7, 7-6, 6-3, dan 6-2.

Di sektor putri, Victoria Azarenka sukses mempertahankan gelar juara. Di final, petenis Belarusia ini mengalahkan Li Na lewat pertandingan tiga set dengan skor 4-6, 6-4 dan 6-3 dalam waktu 160 menit.




3. BNP Paribas Open: Gelar Milik Nadal dan Sharapova

Absen enam bulan dari dunia tenis akibat cedera, Rafael Nadal tidak perlu waktu lama untuk kembali berjaya. Setelah juara di Brasil Terbuka dan Meksiko Terbuka, petenis kidal asal Spanyol itu melanjutkan suksesnya di BNP Paribas Open yang berlangsung di Tenis Garden Indian Wells.

Di final yang berlangsung pada 18 Maret itu, Nadal mengalahkan Martin Del Potro 4-6, 6-3, dan 6-4. Ini adalah gelar ketiga Nadal di turnamen ini setelah sebelumnya 2007 dan 2009. Selain itu, kesuksesan ini menjadi kemenangan ke-600 bagi Nadal sepanjang kariernya.

Pada bagian putri, Maria Sharapova masih terlalu tangguh untuk Caroline Wozniacki. Ia mengalahkan rivalnya itu dua set langsung, 6-2 dan 6-2. Sharapova meraih kemenangan kedua di turnamen ini setelah yang pertama di tahun 2006.




4. Sony Open Tennis: Murray dan Serena Berjaya

Masih di Amerika Serikat dan bulan yang sama, para petenis dunia kembali unjuk kebolehan di turnamen Sony Open Tennis. Di bagian putra, Andy Murray menjadi yang terbaik setelah pada partai puncak menang atas David Ferrer 2-6, 6-4, dan 7-6.

Sementara itu, Serena Williams berhasil mengandaskan perlawanan Maria Sharapova di final putri. Kalah 4-6 di set pertama, Serena menang 6-3 dan 6-0 pada dua set berikutnya.




5. Prancis Open 2013: Nadal dan Serena Kuasai Roland Garros

Rafael Nadal dan Serena Williams menjadi juara tunggal putra serta putri di turnamen Prancis Terbuka 2013 yang digelar sejak akhir Mei. Nadal mengalahkan rekan senegaranya dari Spanyol, David Ferrer tiga set langsung 6-3, 6-2, dan 6-3. Ini merupakan trofi ke-8 Nadal di Prancis Terbuka.

Sebelumnya di semifinal, Nadal yang kembali setelah dibekap cedera tujuh bulan menaklukkan petenis nomor satu dunia Novak Djokovic lewat pertandingan ketat lima set 6-4, 3-6, 6-1, 6-7 (3), dan 9-7.

Sementara Serena mengalahkan juara bertahan Maria Sharapova dengan angka 6-4 dan 6-4. Ini adalah kali kedua Serena menjadi ratu di Roland Garros setelah sebelumnya pada 2002.




6. Wimbledon 2013: Murray dan Bartoli Cetak Sejarah

Sejarah tercipta dalam gelaran Wimbledon 2013 baik di nomor putra maupun di bagian putri yang berlangsung di pekan pertama Juli. Andy Murray menjadi petenis Inggris Raya pertama yang memenangi Wimbledon dalam 77 tahun terakhir. Di partai puncak, Murray mengalahkan petenis nomor satu dunia Novak Djokovic 6-4, 7-5, dan 6-4.

Di nomor putri, sejarah ditorehkan Marion Bartoli. Petenis asal Prancis itu mengalahkan Sabine Lisicki 6-1 dan 6-4.




7. US Open 2013: Milik Nadal dan Serena

Rafael Nadal melanjutkan dominasinya di 2013. Petenis asal Spanyol tersebut kembali meredam permainan petenis nomor satu dunia Novak Djokovic. Kali ini, di final US Open yang berlangsung 9 September, Nadal mengakhiri perlawanan Djokovic dengan skor 6-2, 3-6, 6-4, dan 6-1. Ini adalah gelar kedua Nadal di AS Terbuka setelah sebelumnya di 2010.

Sementara itu, Serena Williams mempertahankan gelar juara turnamen ini. Petenis putri Amerika Serikat itu menang atas Victoria Azarenka. Pada laga yang berlangsung di Flushing Meadows dengan diwarnai angin kencang, Serena harus bertarung tiga set 7-5, 6-7 (6), dan 6-1 untuk mengatasi perlawanan keras Azarenka.



8. BNP Paribas Masters: Djokovic Akhiri 2013 dengan Senyum



Novak Djokovic harus merelakan ranking petenis putra nomor satu dunia kepada Rafael Nadal di pengujung 2013. Meski demikian, petenis Serbia itu tetap tersenyum menutup tahun ini.

Djokovic mempertahankan gelarnya di ATP World Tour Finals. Pada laga puncak yang berlangsung di O2 Arena, London, Inggris, 12 November, ia mengalahkan Nadal dengan cukup meyakinkan 6-3 dan 6-4.




9. Djokovic dan Serena Petenis Terbaik 2013

Meski menutup 2013 dengan status petenis nomor dua dunia, di belakang Rafael Nadal, Novak Djokovic dinobatkan sebagai petenis terbaik tahun ini. Gelar itu diberikan Federasi Tenis Internasional (ITF). Ini merupakan kali ketiga petenis Serbia itu meraih penghargaan pemain terbaik tahunan dari ITF.
Sementara untuk putri, gelar petenis terbaik jatuh ke tangan Serena Williams. Petenis 32 tahun asal Amerika Serikat itu menjuarai dua grand slam tahun ini, yakni di Prancis Terbuka dan Amerika Serikat Terbuka. Selain itu, Serena menutup tahun sebagai petenis rangking nomor satu dunia, kali pertama sejak 2009. (Vin)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya