Pasokan Turun, Siap-siap Harga Ikan Naik

Faktor cuaca membuat sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan khususnya ikan menjelang akhir tahun.

oleh Septian Deny diperbarui 20 Des 2013, 17:45 WIB
Meskipun harga kebutuhan pokok dan sayuran diyakini tidak akan mengalami kenaikan yang tinggi jelang Natal dan Tahun Baru, namun masyarakat diminta untuk tetapi mengantisipasi kenaikan harga barang atau produk yang biasanya dikonsumsi.

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi mengatakan, yang perlu diwaspadai akan mengalami kenaikan harga yaitu ikan. Hal ini lantaran pada empat bulan di akhir tahun biasanya ombak di sebagian besar laut Indonesia sedang tinggi sehingga menghambat para nelayan untuk mencari ikan.

"Ini di bulan yang 'ber-ber', bulan September, Oktober, November, Desember, biasanya ombak sedang tinggi jadi nelayan sulit untuk melaut sehingga pasokan ikan juga menurun," ujar Bayudi Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2013).

Meski demikian, Bayu meyakini untuk harga barang konsumsi lain cenderung akan stabil, kecuali produk-produk holtikultura yang terpengaruh karena masuknya musim hujan.

"Semua relatif normal, yang naik paling produk holtikultura seperti sayuran karena datangnya musim hujan, terutama cabai. Ini biasanya barang jadi mudah rusak karena basah dan adanya gangguan distribusi, tapi ini hanya bersifat lokal," lanjutnya.

Selain itu, Bayu juga memperkirakan harga daging juga tidak akan mengalami kenaikan pada akhir tahun ini.
"Harga daging sapi belum turun tapi tidak naik lagi, sebagian besar masih normal," tandasnya. (Dny/Ahm)

Baca Juga:

Harga Cabai Makin Pedas


Harga Bumbu Masak Naik 50% Jelang Natal


Mentan Jamin Harga Sembako Stabil Saat Libur Akhir Tahun


Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya