[VIDEO] Ratusan Kerbau Mati Diterjang Arus Banjir di Lampung

Akibatnya, para peternak merugi hingga miliaran rupiah.

oleh Muhammad Ali diperbarui 26 Des 2013, 17:47 WIB
Banjir yang menenggelamkan daerah Tulang Bawang, Lampung, membuat para peternak kerbau merugi hingga miliaran rupiah. Hal ini lantaran ratusan kerbau mereka mati tersapu arus banjir.

Tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (26/12/2013) memberitakan, peternak kerbau di Kampung Kibang Jaya, Menggala Tulangbawang, Lampung, memiliki kebiasan baru. Yaitu mereka mengandangkan ternaknya.

Biasanya, kerbau-kerbau itu dilepas di hamparan sawah yang luasnya ratusan hektare sawah di sepanjang Sungai Way Tulang Bawang. Ternyata, kebiasaan baru itu membuat ternak mereka mati, menyusul banjir besar yang menghantam kawasan itu pada Selasa 24 Desember lalu.

Akibatnya, ratusan ekor kerbau mereka mati terseret arus banjir. Peternak pun merugi hingga miliaran rupiah.

Meski ada yang selamat dari terjangan banjir, tak semua kerbau itu bisa bertahan. Sebagian kerbau itu mati karena sakit akibat banjir.

Warga mencatat, kerbau yang selamat dari banjir itu berjumlah lebih dari 1.200 ekor milik dari 36 peternak. Akan tetapi, 22 ekor kerbau mati dalam 3 hari terakhir.

Sungai Way Tulang Bawang meluap setelah adanya pendangkalan sungai yang mengakibatkan tak mampu menampung air saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut selama lebih dari 3 jam. (Ali/Sss)

Baca juga:

[VIDEO] Banjir Rendam Ratusan Rumah, 2 Bocah Tewas Terseret Arus
[VIDEO] Bocah 4 Tahun Tewas Terseret Arus Sungai
BNPB Masih Evakuasi Korban Banjir dan Longsor di Jatim dan Jateng

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya