Anjing dan Ular Penjaga `Gerbang Neraka` - Tragedi Bintaro II

Para arkeolog menguak 'Gerbang Neraka'. sebuah Situs sejarah yang terletak di Turki ini, penuh dengan mitos dan legenda.

oleh Aribowo Suprayogi diperbarui 31 Des 2013, 06:06 WIB
Pada Desember 2013, berita mengenai kecelakaan kereta Commuter yang menabrak truk tanki bahan bakar di pintu perlintasan kereta Pondok Betung, banyak menarik perhatian pembaca.

Berita lain yang menyedot perhatian pembaca adalah 2 berita luar negeri mengenai penemuan situs 'gerbang neraka' dan Kolam Darah di perbatasan Ceko dan Slovakia.
                    
Berikut Top 10 News selama Desember 2013:


1. Anjing dan Ular Penjaga Gerbang Neraka

Para arkeolog menguak 'Gerbang Neraka'. sebuah Situs sejarah yang terletak di Turki ini, penuh dengan mitos dan legenda. Resminya disebut dengan istilah 'Pluto's Gate' atau Gerbang Pluto. Berupa gua yang dipenuhi asap mematikan yang bisa menyebabkan kematian bagi siapa saja yang masuk ke dalamnya.

Kompleks kuil di Hierapolis, yang kini menjadi kota resort mata air panas vulkanik Pamukkale, telah diekskavas tahun lalu. Para ahli menemukan para 'penjaga neraka', berupa patung marmer berbentuk anjing berkepala tiga dan ular. Dua patung ini berada di antara mata air panas. Diperkirakan menjadi peringatan agar para pengunjung kuil menjauh dari gua suci yang mematikan.


2. Kecelakaan Kereta Bintaro II

Truk B 9265 SEH yang mengangkut BBM berkapasitas 24 kiloliter, dihantam kereta  Commuter Line jurusan Serpong-Tanah Abang di perlintasan kereta Pondok Betung, Jakarta Selatan. Lokasi tepatnya berada 200 meter dari titik kecelakaan Tragedi Bintaro 1987.

Insiden yang terjadi sekitar pukul 11.15 WIB itu berawal saat truk yang datang dari arah Tanah Kusir menuju Pondok Aren menerobos palang pintu perlintasan. Kereta yang datang dari arah Serpong menuju Tanah Abang pun langsung menghantam bagian sebelah kiri truk hingga terseret 20 meter. 4 Ledakan langsung membakar truk dan lokomotif kereta. Korban tewas tercatat sebanyak 9 orang, termasuk masinis. Korban luka-luka sekitar 50 orang. 


3. Senyum Pria Misterius

Kecelakaan kereta api yang menabrak truk tanki premium di pintu perlintasan Pondok Betung, Jakarta Selatan menjadi cerita tersendiri bagi salah seorang penumpang bernama, Dinda Irmawati.

Menurutnya, ada firasat yang muncul sesaat sebelum terjadinya kecelakaan. Dinda mendapati seorang pria membuka pintu dengan wajah tersenyum, sampai kereta nabrak.

Usai benturan keras tersebut, lanjutnya, lokomotif dan gerbong kereta mengeluarkan asap, yang disusul jilatan api besar. Sontak para penumpang yang didominasi wanita itu histeris dan sudah berjatuhan di bawah dengan posisi tidak beraturan lagi. 


4. Sebelum Tragedi Bintaro II, Asisten Masinis: Hati-hati Tabrakan!

Dua gerbong kereta Commuter Line yang dinahkodai oleh Darman Prasetyo akhirnya terguling setelah berbenturan langsung dengan truk yang berisi 24 kiloliter BBM itu. Dua gerbong kereta di bagian depan hangus terbakar setelah truk tersebut meledak ketika tertabrak kereta.

Menurut kesaksian salah seorang penumpang, sebelum kereta menabrak truk, asisten masinis sempat memberitahunya bahwa KRL sebentar lagi bakal menabrak. Seketika dirinya melihat ke arah kaca masinis dan melihat truk tangki menghalangi laju KRL.

"Lima detik habis asisten masinis itu kasih tahu saya bakal ada tabrakan, 'hati-hati bu, mau tabrakan'. Habis itu, terjadi lah tabrakan," kata penumpang tersebut.


5.  Menjelang 9 Tahun Tsunami Aceh, Ribuan Ikan Naik ke Darat

Sehari menjelang peringatan 9 tahun Tsunami Aceh, ribuan ikan berloncatan ke darat di pesisir Pantai Kampung Tambisan, Sabah, Lahad Datu, Malaysia. Penduduk setempat pun langsung mengambil ikan-ikan yang dikenal dengan sebutan ikan tamban itu.

Seorang penduduk setempat, Suzila Abdullah mengatakan, fenomena seperti itu sudah terjadi sejak 3 tahun terakhir. "Tetapi tahun ini kelihatan berbeda, karena jumlah ikan yang timbul amat banyak," katanya, seperti di kutip dari themalaysianisider.com.

Suzila mengaku percaya, musim sekarang yang berombak kuat membuat ikan-ikan tersebut naik ke darat, tetapi hanya 2 atau 3 hari saja.


6.  Horor Saat Sungai dan Danau Berubah Jadi `Kolam Darah`

Roman Podbrezova seorang penduduk jalan Kota Myjava, Slovakia, dekat perbatasan Republik Ceko, yang tengah berolahraga terkejut. Saat melihat aliran sungai yang membelah pusat kota, pria 65 tahun itu kaget bukan kepalang. Ia melihat air sungai berubah menjadi merah tua, mirip darah.

Kabar pun menyebar luas dari mulut ke mulut. Rumor dan spekulasi berhembus di kota kecil yang biasanya tenang itu. Sementara, juru bicara kepolisian, Elena Antalova mengatakan, polisi bertindak menyelidiki fenomena itu.

Sementara, Emily Stanley, profesor limnologi atau ilmu yang mempelajari perairan dalam dari University of Wisconsin menerangkan, satu-satunya penyebab alami dari air yang berubah merah adalah mikroorganisme air dalam jumlah besar. Misalnya ganggang merah yang mekar.


7. Cium Polisi Saat Demo, Mahasiswi Dituntut Pelecehan Seksual

Aksi nyeleneh dilakukan seorang mahasiswi di Turin, Italia. Nina de Chiffe namanya. Perempuan berusia 20 tahun itu nekat mencium polisi anti huru-hara saat sedang bermonstrasi. Akibatnya ia dilaporkan pihak kepolisian dan terancam diseret ke pengadilan.

Dalam aksi memprotes pembangunan jaringan rel di Italia utara, Nina tiba-tiba mendatangi seorang polisi yang berjaga menghadang demonstran. Ia kemudian mencium helm polisi dan menjilatinya.

Momen tersebut diabadikan oleh seorang demonstran dan mempublikasikannya ke jejaring sosial. Mereka mengklaim aksi Nina itu sebagai aksi damai kepada polisi.

Akibat peristiwa ini lih-alih menerima ajakan damai, pihak kepolisian setempat geram dengan foto mahasiswa mencium helm polisi tersebut. Serikat Polisi Italia pun membawa hal ini ke ranah hukum.


8. Tukang Kerak Telor: Semoga Jokowi Nggak Jadi Presiden

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo alias Jokowi kerap disebut-sebut sebagai calon presiden di sejumlah lembaga survei dengan polpularitas dan elektabilitas yang tinggi mengalahkan capres lain. Namun, hal itu ditanggapi kekhawatiran sebagian warga Jakarta terutama bagi para pedagang kecil.

Wawan (50) pedagang kerak telor yang biasa mangkal di Silang Monas, Jakarta, mengaku gusar dengan pemberitaan bahwa Jokowi akan menjadi capres. Dia berharap Jokowi tidak menjadi presiden dan tetap memimpin Ibukota.

Wawan mengungkapkan hal tersebut bukan berarti dirinya membenci pemerintahan Jokowi. Melainkan ia masih berharap banyak dengan kepemimpinan Jokowi di Jakarta yang memperhatikan rakyat miskin dan pedagang kaki lima.


9. Ratu Atut Sempat `Menawar` Saat Akan Ditahan

Ratu Atut sempat 'menawar' penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar penahanannya ditunda. Gubernur Banten yang juga tersangka suap kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar itu minta ditahan Senin pekan depan.

Hal itu disampaikan oleh pengacara Ratu Atut, Teuku Nasrullah di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Menurut Nasrullah alasan permintaan  ditunda 2 atau 3 hari, dengan alasan tidak sehat.

Ratu Atut ditahan di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, setelah diperiksa selama 7 jam sebagai tersangka suap kepada Akil Mochtar. Ratu Atut dituduh bersama-sama adik kandungnya Tubagus Chaery Wardana alias Wawan menyuap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar.


10. Kisah Heroik Teknisi Kereta Tragedi Bintaro II

Teknisi kereta Sofyan Hadi sempat meminta para penumpang di gerbong depan untuk mundur sebelum Kereta 1131 yang melaju dari arah Serpong menuju Tanah Abang menghantam Truk BBM Pertamina di perlintasan Pondok Betung, Bintaro, Jakarta Selatan. Kisah itu dituturkan seorang penumpang selamat kepada Direktur Utama PT KAI Ignatius Jonan.

Hal serupa juga sempat dituturkan Effendi (54), salah satu penumpang terluka. Dia bilang, sebelum kecelakaan terjadi, asisten masinis sempat memberitahunya untuk hati-hati. Diduga masinis, asisten masinis, dan teknisi sudah tahu bakal ada kecelakaan. Mereka memilih tetap di lokomotif dan memperingatkan penumpang ketimbang lompat dari kereta. (Ari/Mut)


POPULER

Berita Terkini Selengkapnya